Breaking News:

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Dinas Kesehatan Tangerang Siapkan 10.000 Unit Alat Tes Swab Antigen

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pda arus balik mudik Lebaran, Dinas Kesehatan tangerang menyiapkan 10.000 unit alat tes swab antigen.

istimewa
Petugas melakukan pemeriksaan tes swab antigen terhadap pemudik yang baru balik dari kampungnya ke tempat tinggalnya di Tangerang. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 setelah libur Lebaran Dinas Kesehatan Tangerang menggelar rapid tes antigen secara acak di berbagai pusat keramaian.

Hingga seminggu kedepan, Dinkes menyiapkan 10.000 unit alat tes swab antigen dan 10.000 kantong GeNose dengan enam alat tes GeNose yang disebar di wilayah Timur, Barat dan Tengah. 

“Kemarin Dinkes menggelar swab antigen acak di Pos Cek Point. Hari ini, selain menggelar di cek point, Dinkes juga menggelar di pusat keramaian. Di antaranya Pasar Malabar, Pasar Anyar dan CBD Ciledug. Masing-masing kita menarik 200 sampel swab antigen,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Tangerang dr Liza Puspadewi saat ditemui di Puspem Kota Tangerang, Senin (17/5/2021). 

Ia mengungkapkan, hasil swab antigen acak yang digelar hari ini terdapat lima orang positif.

Di antaranya, dua warga Neglasari, satu warga Karawaci, Larangan dan satu warga Rajeg Kabupaten Tangerang. 

“Untuk yang warga Kota Tangerang, sudah kirim ke Puskesmas domisili masing-masing untuk tindakan lebih lanjut. Sedangkan untuk warga Kabupaten sudah kita koordinasikan ke jajaran Dinkes Kabupaten dan Camat Rajeg untuk ditangani lebih lanjut,” katanya. 

Dijelaskan Liza, seminggu hingga 14 hari kedepan, Dinkes akan fokus pada tracing massal secara dini.

Hal ini ditujukan untuk menemukan kasus sedini mungkin.

Dengan begitu, penanganan kasus covid-19 di Kota Tangerang bisa lebih cepat untuk ditindaklanjuti. 

Liza mengatakan, disiapkannya ribuan alat tes antigen tersebut, dalam upaya untuk meminimaliris adanya risiko penyebaran virus corona terhadap masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved