Breaking News:

Konflik Israel Palestina

Mendagri Prancis Imbau Kepolisian Larang Protes Pro-Palestina di Paris

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengimbau kepolisian untuk melarang protes pro-Palestina di Paris akhir pekan ini

afp/aljazeera.com
Ilustrasi - Serangan Israel di Jalur Gaza, sebagai balasan atas serangan roket dari Hamas 

Wartakotalive.com - Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengimbau kepolisian untuk melarang protes pro-Palestina di Paris akhir pekan ini.

Melansir Al Jazeera, seruan pemerintah Prancis ini menyusul peningkatan serangan udara Israel di Jalur Gaza, wilayah Palestina yang terkepung serta tindakan keras di Yerusalem Timur dan Tepi Barat yang diduduki.

"Saya telah meminta Kepala Kepolisian Paris untuk melarang protes pada Sabtu (15/5/2021) terkait dengan ketegangan baru-baru ini di Timur Tengah," tulis Gerald Darmanin, menteri dalam negeri Prancis di Twitter pada Kamis (13/5/2021).

"(Mengingat) gangguan serius terhadap ketertiban umum tercatat pada 2014," katanya, merujuk pada protes terhadap serangan Israel di Gaza tahun itu.

Para aktivis menyerukan protes di distrik Barbes di utara Paris untuk berdemonstrasi melawan pemboman udara yang semakin intensif di Jalur Gaza.

Menurut otoritas kesehatan daerah kantong itu, lebih dari 100 orang telah tewas di Gaza sejak Senin (10/5/2021), termasuk 27 anak-anak, dan lebih dari 580 lainnya terluka setelah serangan hebat Israel.

Sekira enam warga Israel dan satu warga India tewas di Israel akibat serangan roket oleh Hamas, entitas politik yang memerintah di Gaza.

Meningkatnya kekerasan terjadi setelah ketegangan berminggu-minggu di Yerusalem Timur yang diduduki tentang keputusan pengadilan yang dijadwalkan tentang pengusiran paksa beberapa keluarga Palestina dari rumah mereka di lingkungan Sheikh Jarrah.

Dalam surat edaran yang dilihat kantor berita AFP, Darmanin juga mendesak kepala kepolisian setempat untuk menjamin "perlindungan tempat ibadah, sekolah, pusat budaya, dan bisnis komunitas Yahudi".

Pada Juli 2014, beberapa demonstrasi terjadi di Prancis untuk mengecam serangan Israel di Jalur Gaza.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved