Breaking News:

Hari Raya Idul Fitri

Antisipasi Arus Balik Idul Fitri 2021, Warga Jakarta Utara yang Mudik akan Didata untuk Tes Antigen

Untuk mengantisipasi klaster Covid-19 dari arus balik Lebaran di Jakarta Utara, para pemudik yang baru datang akan diarahkan untuk tes antigen.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Forkompimko Jakarta Utara menggelar rapat melalui zoom meeting di Ruang Fatahillah Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (14/5/2021), membahas antisipasi arus balik Lebaran. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNGPRIOK - Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkompimko) Jakarta Utara menggelar rapat melalui zoom meeting di Ruang Fatahillah Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (14/5/2021). 

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan pelaksanaan pengendalian Covid-19 usai arus balik libur Hari Raya Idul Fitri.

"Ini kegiatan antisipasi arus balik yang diikuti oleh Forkompimko, camat, lurah dan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 tingkat Rukun Tetangga (RT)," kata Ali.

Baca juga: 21 Pondok Pesantren di Depok Jadi Klaster Covid-19 Selama Pandemi, 485 Santri Positif dan Diisolasi

Ali menambahkan setelah zoom meeting, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan rapat teknis oleh lurah dan RT di masing-masing wilayah agar proses pendataan bisa segera dilaksanakan. 

Pendataan semacam ini nantinya bisa dilakukan manual maupun melalui Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang sebelumnya dilakukan serta bisa diperoleh data informasi langsung di lapangan. 

“Bisa dari Ketua RT maupun juga Dasawisma yang mengetahui secara langsung warga yang pulang kampung,” ujar Ali.

Baca juga: Irjen Fadil Imran Berkomitmen Membantu Pemprov DKI Memperketat Arus Balik Warga

Ali mengatakan data-data tersebut nantinya akan menjadi awal dari pengecekan warga yang sudah kembali maupun belum pulang ke DKI Jakarta.

Menurutnya langkah-langkah kegiatan pendataan semacam ini wajib dilaporkan sehari dua kali yakni pada pukul 08.00 WIB dan pukul 19.00 WIB. 

“Tujuannya agar dapat segera dilakukan tes swab antigen ataupun PCR pada warga tersebut. Untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta khususnya di Jakarta Utara," ujarnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved