Breaking News:

Warta Otomotif

Kerap Bermasalah, Fitur Autopilot Tesla Ternyata Bisa Dikelabui Tanpa Pengemudi

Pengujian ini dilakukan oleh organisasi pengujian produk, Consumer Reports yang kerap menguji kegagalan fitur pada sebuah teknologi.

Editor: Feryanto Hadi
Istimewa
Tesla Model 3 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Fitur kemudi otomatis atau Autopilot milik mobil Tesla ternyata memiliki sejumlah masalaj yang mengakibatkan kecelakaan fatal pada pengguna mobil listrik itu.

Baru-baru ini sebuah penelitian mencoba membuktikan hal itu pada mobil Tesla Model Y 2020. Mobil itu dioperasikan dengan mode autopilot tanpa ada orang di kursi pengemudi.

Alhasil hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

Pengujian ini dilakukan oleh organisasi pengujian produk, Consumer Reports yang kerap menguji kegagalan fitur pada sebuah teknologi.

Baca juga: Mobil Mini Paling Bongsor, The New Mini Countryman Meluncur di IIMS Hybrid 2021

Baca juga: Yang Ingin Beli Truk Canggih Merek Tesla Bisa DP Rp 100 Juta di Ajang IIMS 2021

Berkat uji coba ini, fitur autopilot Tesla dikelabui dengan cara meletakkan pemberat pada roda dan sabuk pengaman tetap terpasang di kursi pengemudi.

"Pada pengujian kami, sistem autopilot tidak hanya gagal memastikan pengemudi memperhatikan fitur itu. Ditemukan pula bahwa fitur ini juga tidak bisa mengetahui adanya pengemudi," kata Direktur Senior dari Pengujian Otomatis Consumer Reports, Jake Fisher, melansir laman CNBC Internasional, Jumat (23/4/2021).

Hasil uji coba Consumer Reports membeberkan saat pengetesan awal Autopilot Tesla bisa berjalan jika tidak ada garis jalur. Hal yang sama juga ditemui pada sistem pengemudi otomatis lainnya.

Jake menyimpulkan, sistem autopilot yang melihat sebuah garis itu ternyata mudah dikelabuo. Terkadang fitur itu error saat melihat marka jalan atau sesuatu sebagai jalur seperti trotoar.

Hasil tes ini juga menguatkan dugaan bahwa Autopilot Tesla hanya membutuhkan satu jalur untuk bisa bekerja. Sementara sistem lain membutuhkan hingga dua jalur.

Jake menyimpulkan pula bahwa fitur Tesla tidak memiliki teknologi untuk memastikan pengemudi mobil besutan Elon Musk itu melihat ke jalan.

Baca juga: Cegah Masyarakat Mudik Lebih Awal, Ini Langkah yang Dilakukan Kemenhub

Baca juga: Menang Tender, Elon Musk Siap Kirim Astronot Perempuan Pertama ke Bulan

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved