Breaking News:

Berita Video

VIDEO Kisah Masjid Paling Tua di Ciputat, Masjid Agung Al Jihad

Bahkan tak banyak orang yang mengetahui kapan masjid ini didirikan secara resmi di atas lahan yang diwakafkan oleh sang pemiliknya. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIPUTAT - Masjid Agung Al Jihad merupakan masjid tertua di kawasan Ciputat Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Masjid yang berdiri di atas lahan wakaf seluas kurang lebih 1.000 meter persegi dan tepat berada di persimpangan Jalan Ki Hajar Dewantara, Ciputat ini menyimpan banyak kisah dalam pendiriannya.

Bahkan tak banyak orang yang mengetahui kapan masjid ini didirikan secara resmi di atas lahan yang diwakafkan oleh sang pemiliknya. 

"Berdirinya saya kurang begitu paham, di kira-kira tahun 1925. Tapi orang yang tertua dari saya juga enggak tahu berdirinya tahun berapa. Ini lahan hibah dari seorang keturunan Arab yang namanya Tuan Salim. Dia yang mewakafkan tanah ini untuk dibikin langgar terus berkembang menjadi masjid," kata Syafrudin Eli sekalu Koordinator Masjid Agung Al Jihad saat ditemui di Kantor Sekretariat Masjid Agung Al Jihad, Ciputat, Kota Tangsel, Rabu (21/4/2021).

Syafrudin mengatakan berdirinya masjid ini berawal dari langgar dengan ukuran tak semegah saat ini.

Kata ia, langgar tersebut didirikan oleh pemilik tanah untuk bertujuan mendakwahkan agama Islam kepada penduduk setempat. 

"Saya dapat ceritanya dia hanya memberikan lahan ini utk diwakafkan untuk tempat ibadah karena memang tujuan dia mau berdakwah Islam. Kalau enggak ada musola, enggak ada masjid kaya apa masyarakat pada waktu itu, yang sekarang banyak masjid saja pemikirannya macam-macam gitu. Dengan adanya masjid ini masyarakat banyak yang mengerti Islam, mengerti salat," jelasnya. 

Syafrudin menjelaskan seiring berkembangnya zaman bentuk bangunan masjid pun semakin berubah. 

Awal mula yang berdiri hanya sebagai musala, akhirnya tempat ibadah tersebut didirikan menjadi masjid oleh para pengurusnya. 

Hingga masjid itu pun sempat menjadi ikon di stasiun TV milik negara pada tiap program adzan maghrib. 

Halaman
123
Penulis: Rizki Amana
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved