Breaking News:

Berita Video

VIDEO Kisah Dua Sahabat Kuli Bangunan di Mabes AD, Salah Satunya Jadi Prajurit TNI

“Siswa tersebut (Anam) berlatar belakang kuli bangunan, sehingga punya percaya diri yang kurang dibanding siswa lain

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Sandi Rihata, kuli bangunan yang beberapa waktu lalu bekerja di Mabes AD dan diundang KSAD untuk makan bersama ternyata juga memiliki sahabat kuli bangunan bernama Haidir Anam.

Berbeda dengan Sandi yang merupakan penyandang disabilitas, Anam merupakan kuli bangunan yang berbadan sehat.

Nasib baik pun membawa Anam menjadi seorang prajurit TNI AD atas saran dari KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Jenderal Andika sempat menyuruhnya mendaftar seleksi Tamtama TNI melalui daerahnya sesuai KTP.

Anam mengaku awalnya sempat minder karena gagal dalam pendidikannya yakni putus sekolah di bangku SMP. Pemuda asal Cirebon ini merupakan anak yatim, setelah ayahnya meninggal pada 2014 silam.

Seperti dikutip dari akun Youtube Komandan Secata Rindam II Siliwangi, Letkol Inf Eka Ganta Chandra  mengatakan, pendidikan yang dilakukan bertujuan mengubah pola pikir tingkah laku dan mental dari seorang sipil menjadi prajurit TNI AD.

“Siswa tersebut (Anam) berlatar belakang kuli bangunan, sehingga punya percaya diri yang kurang dibanding siswa lain, akhirnya saya coba beri kesempatan lebih, dia diminta memimpin yel-yel, lalu jadi ketua kelas, memimpin pembacaan sapta marga dan sumpah prajurit di setiap apel,” ujarnya.

Terbukti, percaya diri Anam pun meningkat dan sudah berbeda jauh jika dibandingkan sebelum masuk.

“Dari berbagai latihan dan seleksi, yang bersangkutan memang memiliki keinginan tinggi menjadi prajurit, dengan suhu di Pangalengan yang dingin, dia belum pernah sakit, ini membuktikan fisik dan mental dia kuat untuk jadi prajurit,” ujarnya.

Sementara Sandi, mengaku bangga memiliki teman kecil yang kini sudah menjadi prajurit TNI. “Dia cerita  di barak punya teman orang Lampung, orang Bandung, seru katanya, dia bahagia,” ujar Sandi.

Sandi bercerita, berteman sejak SD dengan Anam, ia menganggap Anam sudah seperti kakak sendiri. Saat Sandi diledek orang lain karena keadannya yang disabilitas, ia dibela oleh Anam. Saat ini, Haidir Anam sudah dilantik menjadi Anggota TNI berpangkat Prajurit Dua.

Editor: Ahmad Sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved