Breaking News:

Uji Coba Flyover Cakung, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya

Menyikapi adanya rencana uji coba tahap I Flyover Cakung, rekayasa lalu lintas pun telah disiapkan untuk mengantisipasi timbulnya gangguan lalu lintas

Warta Kota
Flyover Cakung, Jakarta Timur. Progres pembangunannya kini mencapai 96,44 persen. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.comJunianto Hamonangan

WARTAKOTALIVE.COM, CAKUNG -- Pemprov DKI Jakarta akan melakukan uji coba tahap I Flyover Cakung, Jakarta Timur selama tiga hari pada 19-21 April 2021 mendatang mulai pukul 07.00 hingga pukul 22.00 WIB. 

Menyikapi adanya rencana uji coba tahap I Flyover Cakung, rekayasa lalu lintas pun telah disiapkan untuk mengantisipasi timbulnya gangguan lalu lintas kendaraan di lokasi.  

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan selama uji coba, maka akan diberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) pada jalan samping (frontage road) Tol Lingkar Luar Timur.

"Lalu lintas di frontage road sisi barat Tol Lingkar Luar Timur diberlakukan satu arah dari arah selatan (Stasiun Cakung) ke arah utara (arah ke Kantor Wali Kota Jakarta Timur)," kata Hari. 

Baca juga: Uji Coba Flyover Cakung akan Digelar selama Tiga Hari, Mulai 19 April 2021

Selanjutnya lalu lintas di frontage road sisi Timur Tol Lingkar Luar Timur diberlakukan satu arah dari arah Utara (Terminal Pulogebang) ke arah Selatan (Stasiun Cakung). 

“Sementara untuk Flyover Wali Kota Timur juga akan diberlakukan satu arah dari Barat ke Timur," terang Hari.

Kemudian bagi para pengguna jalan yang keluar dari Tol Exit Pulogebang tidak boleh berputar balik ke arah Stasiun Cakung. 

Baca juga: Hampir Rampung, Bina Marga DKI Jakarta Pasang Lampu Penerangan di Flyover Cakung

Pengemudi wajib lurus kemudian belok kiri ke arah Wali Kota Jakarta Timur atau belok kanan naik ke ramp Flyover Wali Kota Timur ke arah Timur.

"Diharapkan mobilitas pengguna flyover dapat berjalan lancar dan mengurangi kemacetan lalu lintas yang selama ini terjadi di kawasan tersebut," ungkap Hari. 

Prosss uji coba Flyover Cakung dijadwalkan dua​ dalam tahap dimana pada tahap I ini dilakukan guna memastikan hal-hal yang harus diperbaiki sebelum Flyover Cakung dibuka secara penuh. 

Baca juga: VIDEO Pembangunan Flyover Cakung Sudah 94 Persen,Targetkan Januari 2021 Bisa Digunakan

“Di lapangan masih terdapat pekerjaan perapihan lahan di sisi barat Flyover Cakung (sisi barat BKT) dan pekerjaan penyempurnaan Flyover lainnya,” ujar Hari. 

Setelah uji coba tahap I Flyover Cakung sepanjang sekitar 1,5 kilometer dengan dana sebesar Rp 261 miliar itu rampung, maka akan dilakukan kembali penutupan sementara untuk perbaikan. 

“Diharapkan kepada para pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, demi keamanan dan kenyamanan bersama dalam upaya berlalu lintas," pungkas Hari. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved