Breaking News:

Berharap Ke Depannya TPU Rorotan Bisa Dimanfaatkan Untuk Memakamkan Jenazah Masyarakat Umum

untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan masih sama seperti pemakaman pada umumnya.

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Prosesi pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan di RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pengelola Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara hingga saat ini masih membuka layanan hanya untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19. Demikian diungkap Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara, Elly Sugestianingsih.

Elly menerangkan bahwa sejauh ini TPU Rorotan difungsikan untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19. “Dikarenakan situasi masih pandemi Covid-19 maka layanan TPU Rorotan diprioritaskan untuk pemakaman Covid-19 terlebih dahulu,” ungkap Elly, Rabu (14/4/2021).

Sementara untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan masih sama seperti pemakaman pada umumnya.

“Persyaratan berkas pemakaman sama seperti biasa, memiliki KTP DKI Jakarta atau meninggal di rumah sakit di wilayah DKI Jakarta. Hanya protap pelayanan pemakamannya saja yang berbeda,” ujarnya.

Elly menuturkan sejak difungsikan pada 26 Maret 2021, hingga saat ini sudah terisi 64 petak makam jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan.

Baca juga: Dua Hari Dicari, Jasad Rafi Akhirnya Ditemukan Tim SAR Sejauh 5 Kilometer dari Lokasi Tenggelam

Baca juga: VIDEO Usai Suami di Penjara, Yuyun Sukawati Siap Ceraikan Fajar Umbara

“Lahan yang akan digunakan untuk kebutuhan pemakaman Covid-19 seluas 2 hektare sedangkan saat ini baru sekitar 8.000 meter persegi yang siap untuk 1.500 petak makam,” ujarnya.

Elly berharap penataan TPU Rorotan nantinya bisa sama dengan TPU Pondok Rangon yang juga bisa melayani pemakaman umum. “Meski fasilitas yang tersedia masih seadanya, proses pemakaman tetap bisa dilaksanakan,” ungkap Elly.

Elly menuturkan operasional TPU Rorotan berjalan dengan mengerahkan 18 petugas penggali makam yang dibagi menjadi tiga tim serta petugas dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara. “Ada juga dua petugas administrasi, dan enam petugas pengamanan dalam (Pamdal),” katanya.

Sementara itu untuk pekerjaan pembangunan TPU Rorotan hingga sekarang ini masih berjalan seperti pematangan lahan yang berkolaborasi dengan Dinas Bina Marga DKI Jakarta. “Akses jalan untuk angkutan jenazah sudah dibuat dan lampu penerangan di area TPU sudah ada walaupun masih seadanya,” katanya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved