Breaking News:

Libur Paskah

Kepulauan Seribu Dikunjungi 4.498 Wisatawan Selama Libur Panjang Paskah

Sebanyak 4.498 wisatawan dalam dan luar negeri tercatat mengunjungi Kepulauan Seribu selama libur panjang Paskah, akhir pekan ini.

istimewa
Spot wisata baru berupa ayunan di pantai sisi timur Jembatan Cinta, di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu. Sebanyak 4.498 wisatawan dalam dan luar negeri tercatat mengunjungi Kepulauan Seribu selama libur panjang Paskah. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sebanyak 4.498 wisatawan dalam dan luar negeri tercatat mengunjungi Kepulauan Seribu selama libur panjang Paskah, akhir pekan ini.

Kasubag TU Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu, Neneng Roaeni, mengatakan ada 4.498 wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu selama tiga hari. 

"Jumlah wisatawan yang datang selama libur panjang ada 4.498 orang, 4.429 wisatawan dari dalam negeri dan 69 wisatawan mancanegara," kata Neneng, Senin (5/4/2021).

Jumlah 4.498 wisatawan tersebut terdiri dari 673 wisatawan pada Jumat (2/4/2021), 450 wisatawan pada Sabtu (3/4/2021) dan 1.031 wisatawan pada Minggu (4/4/2021). 

Baca juga: 15 Ekor Bayi Hiu Disebar di Perairan Pulau Tidung Kepulauan Seribu untuk Melestarikan Biota Laut

Baca juga: Jalur Khusus Sepeda Wisata Melingkari Pulau Dibangun di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Mereka datang ke Kepulauan Seribu lewat Marina Ancol dengan 1.132 wisatawan dan Dermaga Kali Adem 1.328 wisatawan. Khusus Tanjung Pasir ada 1.688 wisatawan dan Rawasaban 150 wisatawan.

“Para wisatawan masuk ke Kepulauan Seribu lewat empat pintu masuk yakni di Marina Ancol, Kali Adem, Tanjung Pasir dan Rawasaban,” ucap Neneng. 

Setiap para wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu, wajib membawa surat keterengan negatif Covid-19.

Apabila tidak membawanya maka wajib mengikuti rapid tes antigen. 

Lurah Pulau Tidung, Hafsah mengatakan tercatat ada 451 penumpang yang turun di dermaga utama Pulau Tidung dimana 204 di antaranya tidak dapat menunjukan surat negatif Covid-19.

“Penumpang yang tidak dapat menunjukkan surat negatif Covid-19 kemudian ikut rapid test antigen di pintu kedatangan dermaga utama Pulau Tidung dan hasilnya dinyatakan non reaktif,” ucapnya. 

Baca juga: Kini 9 Pulau di Kepulauan Seribu Punya Air Bersih dari Teknologi Canggih

Baca juga: 200 ASN Pemkab Kepulauan Seribu Divaksinasi, Bupati: Bisa Tingkatkan Produktivitas

Hafsah menuturkan, petugas gabungan Kelurahan Pulau Tidung serta unsur TNI-Polri, dikerahkan untuk melakukan pengawasan kedatangan dari penumpang di dermaga utama Pulau Tidung. 

“Petugas juga menghimbau agar wisatawan tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Eko Wahyu Ferdian mengatakan pihaknya selain melakukan pemantauan juga mengingatkan wisatawan agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

"Kegiatan berlangsung aman dan lancar, kita berharap kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan dapat dipertahankan sehingga pandemi ini lekas berlalu," ucap Eko.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved