Internet

Segera Digarap, Kominfo Tetapkan Wilayah Uji Coba Jaringan 5G

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku regulator resmi telah menunjuk beberapa titik sebagai lokasi uji coba.

Phone Arena
Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku regulator resmi telah menunjuk beberapa titik sebagai lokasi uji coba. Foto ilustrasi: Logo 5G 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kabar kepastian infrastruktur jaringan internet 5G akan mulai diimplementasikan di Indonesia. 

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku regulator resmi telah menunjuk beberapa titik sebagai lokasi uji coba.

Pemerintah telah menetapkan beberapa wilayah provinsi di Indonesia yang bakal mendapat jaringan 5G terlebih dahulu.

Video: Polda Metro Jaya Siagakan 5.500 Personel Gabungan Amankan Gereja saat Paskah

Terdapat 13 wilayah yang mendapatkan prioritas akses jaringan 5G pertama di Indonesia.

Penentuan pengadaan jaringan 5G itu tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo.

Kominfo merilis aturan itu sebagai legal standing atas uji coba jaringan generasi kelima.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 5G Series Lebih Cepat dengan Exynos 2100, Ini Varian, Spesifikasi, dan Harganya

Baca juga: Dijual Lebih Mahal, Ini Spesifikasi dan Harga Oppo Reno5 5G di Indonesia plus Bedanya dengan Reno5

Dalam peraturan itu disebutkan pula bersamaan dengan upaya meningkatkan cakupan layanan 4G ke seluruh desa, Kominfo mempersiapkan implementasi jaringan generasi kelima di Tanah Air.

Ketiga belas wilayah itu mencakup Ibu Kota Negara (IKN), 6 ibu kota provinsi di Pulau Jawa, 5 Destinasi Wisata Super Prioritas, dan 1 industri manufaktur.

Meski baru sebatas pilot project, Kominfo menjelaskan pemilihan wilayah tersebut didasarkan pada kesiapan dan kelayakan lokasi, baik dari potensi pasar maupun dukungan infrastruktur.

Tak hanya itu, untuk menyukseskan rencana implementasi 5G tersebut, wilayah-wilayah itu harus didukung dengan infrastruktur yang memadai.

Baca juga: Rilis dengan Pembaruan, Oppo A93 5G Dibekali RAM 8/256 GB Chipset Snapdragon 480, Ini Harganya

Perluasan jaringan 5G kemungkinan bisa dilakukan apabila dalam uji coba ini berjalan lancar. Perluasan jaringan 5G akan melihat pula bagaimana kebutuhan dari wilayah dan masyarakatnya. 

"Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi lain," tulis Kominfo dalam keterangan pers, Kamis (1/4/2021).

Meski akan memakan waktu yang tidak singkat, Kominfo optimis penerapan 5G di Indonesia bisa terlaksana. Diperkirakan proses implementasi ini akan rampung pada 2024 mendatang. 

Sambil berjalan, saat ini Kominfo sedang berusaha untuk memastikan dan memenuhi kebutuhan infrastruktur jaringan yang memadai di seluruh wilayah karena beberapa titik masih belum tersentuh jaringan 4G. 

Baca juga: Mirip Redmi Note 9 5G, Realme V15 Triple Camera 64 MP Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

"Kebijakan yang perlu dilakukan Kominfo adalah menyediakan infrastruktur jaringan broadband yang memadai, yang dapat mendukung implementasi teknologi 5G untuk seluruh wilayah Ibu Kota Negara," terangnya.

Untuk itu, Kominfo juga berencana membahas rencana implementasi 5G ini dengan pemangku kepentingan lain seperti penyedia jaringan seluler atau provider dan instansi-instansi telekomunikasi yang beroperasi di Indonesia. (Fandi Permana)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved