Breaking News:

Sulap Limbah Kayu Jadi Beragam Kerajinan,Wanurejo Diusung Sandiaga Uno Menjadi Desa Penghasil Devisa

Sulap Limbah Kayu Jadi Beragam Kerajinan, Wanurejo Diusung Sandiaga Uno Menjadi Desa Penghasil Devisa

ISTIMEWA
Besarnya potensi usaha tersebut disaksikan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia,  Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Kriya Kayu Rik Rok yang berlokasi di Desa Wisata Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Jumat (2/4/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Beragam kerajinan tangan unik dan artistik berjejer memenuhi etalase rumah-rumah warga di Desa Wisata Wanurejo. 

Siapa sangka, beragam kerajinan hasil kreasi warga Desa Wisata Wanurejo itu berasal dari limbah kayu tidak terpakai.

Limbah yang semula dibuang atau hanya dijadikan kayu bakar itu kini justru memiliki nilai jual yang tinggi di tangan para pengrajin.

Besarnya potensi usaha tersebut disaksikan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia,  Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Kriya Kayu Rik Rok yang berlokasi di Desa Wisata Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Jumat (2/4/2021)

Keamanan 72 Gereja di Jakarta Barat saat Jumat Agung dan Paskah Diperketat, Dijaga 2.500 Polisi

Dalam kesempatan tersebut,  Sandiaga Uno menyampaikan kebanggaannya atas inovasi sekaligus aksi pelestarian alam yang dilakukan warga.

Menurutnya, kewirausahaan sosial yang ditunjukkan warga Desa Wisata Wanurejo selaras dengan visi dan misi Kemeparekraf untuk mengembalikan geliat pariwisata Nasional.

Sebab, warga dinilainya dapat secara mandiri menghasilkan beragam kerajinan dalam upaya pemulihan sektor parekraf lokal.   

"Saya bangga, karena saya melihat ada konvergensi dari pelaku usaha ekonomi kreatif dalam menggeliatkan kewirausahaan sekaligus pelestarian lingkungan dengan mengolah limbah," ungkap Sandiaga Uno pada Jumat (2/4/20210.

Siapa Dewi Tanjung? Yang Minta Wanita Bercadar dan Pria Bercelana Cingkrang Keluar dari Indonesia

"Saya ditugaskan untuk membangun satu destinasi prioritas borobudur, tapi kita tidak bisa menghadirkan satu destinasi yang berkualitas kalau tidak warganya juga ikut bekerja secara totalitas. Kita harus kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas," jelasnya.

Gerakan kewirausahaan yang ditunjukkan warga pun dinilainya menjadi bukti adanya semangat dan harapan bagi pelaku usaha parekraf untuk bangkit di tengah keterpurukan imbas pandemi covid-19.

Sandiaga Uno pun jujur menyampaikan akan terus menebar semangat, membangkitkan motivasi serta memfasilitasi penciptaan peluang usaha bagi masyarakat.

Karena itu, kolaborasi katanya akan terus dilakukan, bukan hanya terbatas dengan komunitas penggiat pariwisata ataupun seniman, tetpi juga dengan akademisi.

"Artinya dalam konteks ini pentahelix yang menjadi konsep pengembangan kepariwisataan akan terus kita intensifkan dan menuju kreasi-kreasi baru demi bangkitkan pariwisata," papar Sandiaga Uno.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian perdagangan, kita akan membuat modul-modulnya, sehingga desa-desa wisata ini juga dapat menjadi desa penghasil devisa," tutupnya.

Tidak Konsisten dan Melanggar Kesepakatan, Izin Lokasi PT BLP Agung Intiland Terancam Dicabut

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved