Breaking News:

Ahmad Riza Patria Dorong Warga Bersepeda Saat Berangkat Kerja

Wagub mendorong masyarakat secara bertahap agar dapat mengunakan sepeda ketika berangkat bekerja.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Warga bersepeda melintasi jalur sepeda yang telah dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menginginkan jalur sepeda tidak hanya digunakan untuk berolahraga dan rekreasi, melainkan juga dapat digunakan untuk jalur berangkat kerja.

Untuk itu, dirinya mendorong masyarakat secara bertahap agar dapat mengunakan sepeda ketika berangkat bekerja, sehingga langkah ini menjadikan transportasi lain yang lebih ramah lingkungan.

“Kita ingin bersepeda ini tidak hanya menjadi hanya sekedar olahraga alat rekreasi, tapi kita berharap menjadi alat transportasi. untuk itu kita mendorong masyarakat tidak hanya Sabtu atau Minggu sebagai rekreasi dan olahraga,” kata Ahmad Riza Patria, akhir pekan kemarin.

Dikatakan Ariza, pihaknya akan berkomitmen untuk memfasilitasi pengguna jalur sepeda, terlebih mereka yang berangkat kerja dengan sepeda mereka. Nantinya tidak hanya jalur yang diperpanjang, namun lebar jalur sepeda pun akan dilakukan.

Baca juga: VIDEO Viona Balita Asal Bekasi Menderita Kanker Mata, Harapkan Bantuan Pemerintah

Baca juga: Biaya Operasi Tak bisa Pakai KIS, Ayah Balita Penderita Kanker Mata Bingung Cari Uang Rp 500 Juta

“Kami, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan jalur sepeda, tidak hanya panjangnya yang kami tambah terus, tapi juga lebarnya, dan secara bertahap kami buat permanen,” katanya.

Pihaknya juga meminta masyarakat Jakarta yang menggunakan jalur sepeda agar lebih disiplin dan tidak keluar jalur umum. Hal ini tentu membahayakan bagi pengendara lain dan juga pesepeda tersebut.

Namun, soal saksi bagi pesepeda kedapatan keluar jalur. Ariza menyebut belum mengetahui langkah kedepan. Pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pihak terkait. “Nanti kita lihat secara bertahap. apakah kita perlu beri tindakan atau tidak,” katanya.

Disebutkan, Pemprov DKI Jakarta membuat jalur sepeda permanen di Jalan Jendral Sudirman-Thamrin. Jalur sepeda permanen akan memiliki lebar dua meter dan dilengkapi pelindung memakai pot tanaman (planter box) dengan bentuk seperti rantai yang saling terkait.

Baca juga: Tak Kantongi Izin Usaha dan Nekat Beroperasi hingga Larut Malam, 3 Bar di Jaksel Ditutup Paksa

Baca juga: Drama Korea Vincenzo Episode Lanjutan, Tampilkan Kim Sung Cheol Jadi Lawan Main Song Joong Ki

Pembangunan jalur sepeda permanen ini bertujuan, antara lain menjadikan sepeda sebagai moda pilihan dan alternatif dalam perjalanan first mile and last mile untuk menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit.

Selain itu, jalur sepeda ini diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pesepeda di wilayah DKI Jakarta, serta mewujudkan Jakarta sebagai kota yang humanis, lestari, dan ramah lingkungan.

Jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman-MH Thamrin ini juga akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi pesepeda, di antaranya wayfinding (petunjuk arah), pijakan kaki di kaki simpang dalam lintasan jalur sepeda, dan rest area berupa bike rack pada trotoar. Termasuk akan terintegrasi dengan fasilitas layanan angkutan umum massal lain.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved