Breaking News:

Sasar Para Lansia, Pelaksanaan Vaksinasi Digelar di Kawasan Permukiman di Pondok Kopi

Sekitar 400 lansia akan disuntik vaksin Covid-19 setiap harinya. Jumlah tersebut berasal dari 11 RW di Kelurahan Pondok Kopi. 

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
warta kota
warga lanjut usia (lansia) disuntik vaksin Covid-19 yang digelar di Jalan Pondok Kopi Raya, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (8/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Hampir 2.000 warga lanjut usia (lansia) ditarget suntik vaksin Covid-19 yang diadakan di Jalan Pondok Kopi Raya, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. 

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Indra Setiawan mengatakan vaksinasi bagi para lansia di pemukiman warga itu diadakan Senin (8/3/2021) hingga Kamis (11/3/2021) mendatang. 

“Untuk target yang ini, sekitar hampir 2 ribu, 1.950 lebih, kami berharap selama 4 hari ini, kami bisa memberikan vaksinasi kepada seluruh lansia,” ucap Indra, Senin (8/3/2021). 

Dengan demikian sekitar 400 lansia akan disuntik vaksin Covid-19 setiap harinya. Jumlah tersebut berasal dari 11 RW di Kelurahan Pondok Kopi. 

Baca juga: Dihadapan Anggota Komisi I DPRD Lurah Pekayon Jaya Akui Colek Bokong Si Pelayan di Ruang Binmaspol

Baca juga: Modus Komplotan Penggelapan 13 Mobil Rental Diotaki Perempuan, Korban Rugi Rp 500 juta

Sementara itu terkait dengan lokasi kegiatan yang menyasar pemukiman warga dan tidak di fasilitas kesehatan atau milik pemerintah lainnya, Indra emnuturkan ada berbagai pertimbangan. 

“Jadi memang yang kami ambil adalah bahwa suatu tempat yang kita bisa banyak mendapat cakupan,” sambungnya. 

Selain itu pemilihan pemukiman tersebut juga harus dekat ke tempat rujukan. Sehingga ketika ada lansia yang harus dirujuk, tidak butuh waktu lama mendapatkan penangan medis. 

“Jadi kita ambil tempat yang mudah didatangi oleh warga, cakupan cukup banyak dan akses untuk rujukan lebih banyak atau lebih strategis,” katanya. 

Baca juga: WOW, Peserta KLB Partai Demokrat di Deli Serdang Ini Mengaku Dijanjikan Rp100 Juta

Baca juga: Swiss Melarang Pemakaian Cadar di Tempat Umum, Komunitas Muslim: Menstigmatisasi Umat Muslim

Ketua Relawan Satgas Covid-19 Pondok Kopi Ega Arimurti nengatakan bahwa vaksinasi bagi para lansia di pemukiman kali ini adalah yang pertama kali digelar. 

“Iya betul ini yang pertama kali dan alhamdulilah puskesmas juga membantu secara all out, kita juga terbantu dalam menyiapkan prasarananya,” ungkapnya.

Segala macam persiapan telah dilakukan selama satu hari sebelumnya. Sehingga ketika dilakukan vaksinasi bagi para lansia, sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. 

“Setelah ada kesepakatan kelurahan dengan puskesmas kita mencoba menyiapkan segala sesuatu dan fasilitas dengan standarisasi yang diharapkan,” katanya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved