Kampung Tangguh

Kampung Tangguh Villa Inti Persada Pamulang Berhasil Menekan Kasus Covid-19 Hingga Sisa Enam Orang

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meninjau Kampung Tangguh Jaya (KTJ) di RW 19, Villa Inti Persada, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (7/3/2021).

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Budi Malau
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meninjau Kampung Tangguh Jaya (KTJ) di RW 19, Villa Inti Persada, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (7/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meninjau Kampung Tangguh Jaya (KTJ) di RW 19, Villa Inti Persada, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (7/3/2021). 

KTJ di sini mampu tekan angka kasus positif Covid-19, yang awalnya 66 orang hingga kini tersisa enm orang saja.

Ketua RW 19 Villa Inti Persada, Ecep Suwardaniyasa mengaku warganya sangat mengapresiasi atas program Kampung Tangguh yang digagas Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya ini.

"Dengan dukungan yang terus dibangun, per hari ini dengan jumlah total yang terinfeksi Covid-19 sebelumnya 66 orang, maka dengan kebersamaan dan gotong royong, kita mampu menekan penyebaran Covid-19, dan sekarang tinggal 6 orang yang menuju sembuh," kata Ecep.

Sementara itu, disela-sela kunjungannya Irjen Fadil mengucapkan ada banyak kegiatan rutin yang dilakukan warga sekitar untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayah ini. 

Baca juga: Sukses Tekan Kasus Covid-19, Kabupaten Bekasi Cari Orangtua Asuh untuk Bangun Kampung Tangguh Jaya

Baca juga: Sempat Zona Merah Covid-19, Kini Status Kampung Tangguh Jaya RW 03 Roa Malaka di Tambora Zona Hijau

Salah satunya adalah dengan disediakannya mobil khusus 3T untuk Testing, Tracing dan Treatment.

"Tadi pula ada swab antigen mandiri. Jadi seluruh penghuni RW 19 akan di swab antigen. Kalau ada yang positif langsung diisolasi mandiri atau dilanjutkan perawatan,  jika memang diperlukan. Cara ini paling efektif dalam memutuskan mata rantai Covid-19. Dari masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat, dengan didukung pemerintah," kata Fadil.

Selain itu, kata dia, nantinya warga yang mempunyai latar belakang di bidang kesehatan akan diberi pelatihan untuk menjadi tester sekaligus relawan testing untuk mendeteksi sedini mungkin penyebaran Covid-19.

"Lalu ada tangguh di bidang ekonomi. Tadi ada budidaya tanaman obat, tanaman rempah-rempah, serta kebutuhan rumah tangga seperti cabai, jug pisang dan jahe. Ini cukup memberikan optimisme. Disamping itu juga dibuat adanya budidaya ternak lele," kata Fadil.

Lebih lanjut, tambah Fadil, dalam KTJ Villa Inti Persada, juga disediakan perpustakaan keliling dan ruang belajar bagi anak-anak yang ingin belajar di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat di Kampung Tangguh Jaya, Begini Penjelasan Kapolda Metro Jaya Fadil Imran

Baca juga: Terapkan Kampung Tangguh Jaya Siaga Corona, Kini Tak Ada Lagi RT di Tangerang Zona Oranye dan Merah

"Yang paling menjadi ciri khas, dimana di setiap pintu masuk sudah ada imbauan-imbauan agar taat patuh terhadap protokol kesehatan. Semoga ini bisa berkembang. Ada 1.500 KK di sini dan mudah-mudahan ini bisa dijaga untuk mencegah timbulnya resiko yang cukup berat. Semoga ikhtiar ini bisa membuahkan hasil," kata Fadil.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved