Breaking News:

Banjir Bekasi

Picu Banjir Parah, Proyek Normalisasi Kali Bekasi Telah Dimulai

Picu Banjir Parah, Proyek Normalisasi Kali Bekasi Telah Dimulai. Berikut Selengkapnya

Warta Kota
Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI SELATAN - Program pembenahan dan pengendalian banjir Kali Bekasi telah mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui BBWSCC.

Wakil Wali Kota Tri Adhianto menuturkan berdasarkan kontrak, penggarap diwajibkan untuk mengerjakan proyek normalisasi sejak akhir Februari lalu.

"Kan secara kontrak dia kalau enggak salah sejak 2 minggu lalu sudah mulai. Sekarang itu dia kerjanya adalah mengerjakan yang prioritas dulu nih, yang memang terjadi kerusakan yang berimplikasi kalau pas datang hujan," kata Tri saat dikonfirmasi pada Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Viral Video Bocah Main Sepeda Ditabrak Honda Brio di Cikarang, Polisi Buru Pengendara Mobil

Beberapa titik lokasi yang secara spesifik jadi prioritas pengerjaan tanggul, yakni di kawasan perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Kecamatan Jatiasih dan Pondok Mitra Lestari (PMl), Kecamatan Bekasi Selatan.

"Di PGP dan PML itu kan tanggulnya jebol. Apalagi ini kan musim hujannya belum selesai. Jadi salah satu yang prioritas dikerjakan itu di PGP dan PML," tuturnya.

Perbaikan di PGP dimulai dari pengerjaan pembuatan tanggul sementara menggunakan geo bag.

Setelah tanggul setinggi empat meter yang roboh tersebut telah tertutup, prosesnya dilanjutkan dengan membangun tanggul permanen.

Baca juga: Shyalimar Malik Minta Lutfi Agizal Minta Maaf Gara-gara Dituduh Bikin Settingan Demi Popularitas

"Iya, itu kita benerin dan walaupun sifatnya sementara, tapi itu juga sudah semi permanen. Jadi awal dikasih geo bag, sekarang belakangnya sudah mulai dipermanen. Kemudian yang di PML juga roboh tuh, jadi juga dilakukan perbaikan karena melihat suatuasinal yang ada," ungkap Tri.

Program pembenahan dan pengendalian banjir Kali Bekasi dari hulu hingga hilir menelan dana sebesar Rp 4,7 triliun untuk mengerjakan tanggul disepanjang 43 kilometer.

Pembangunannya sendiri dibagi menjadi 7 paket, dimana paket pertama akan dikerjakan lebih dulu di sepanjang kurang lebih 12 kilometer bibir Kali Bekasi, mulai dari titik pertemuan Cileungsi-Cikeas (P2P) hingga Bendung Bekasi, yang menggelontorkan dana hingga Rp 600 miliar. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved