Breaking News:

Berita Jakarta

Salut dengan Layanan Kesehatan Ibu Kota, KPW Rekan Indonesia Temui Anies Baswedan

Salut dengan Peningkatan Layanan Kesehatan Ibu Kota, KPW Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia Temui Anies Baswedan

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
KPW Rekan Indonesia Provinsi Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara itu menemui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (4/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Salut dengan peningkatan layanan kesehatan Ibu Kota, KPW Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia melakukan studi banding ke DKI Jakarta.

Studi banding yang dilakukan KPW Rekan Indonesia Provinsi Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara itu menemui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (4/3/2021).

Didampingi oleh Ketua Nasional Rekan Indonesia, Agung Nugroho dan Sekretaris Nasional, Adjie Rimbawan, tiga pengurus provinsi mengapresiasi kemajuan layanan kesehatan di ibu kota.

Sekretaris KPW Rekan Indonesia Provinsi Jawa Timur, M Ilyas Dwi H mengatakan, anggota Rekan Indonesia di berbagai daerah terus berusaha meningkatkan kualitas kerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka memajukan layanan kesehatan.

"Teman-teman dari daerah berniat sekali bertemu dengan Pak Anies. Alhamdulillah kami diterima," kata Ilyas dalam siaran tertulis pada Kamis (4/3/2021).

Mereka banyak menceritakan kegiatan-kegiatan relawan di daerah dan berharap bisa mencontoh apa yang dilakukan relawan di DKI Jakarta yang selama ini bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dengan baik.

Kata Ilyas, secara objektif, Pemprov DKI Jakarta bisa membangun kerja sama yang baik dengan Rekan Indonesia.

Pengurus Rekan Indonesia Sumatera Selatan, Efbahitul Cahmi menambahkan, kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Rekan Indonesia yang sudah terjalin selama ini sangat luar biasa.

"Makanya kami studi banding untuk meminta jalan kepada Gubernur Anies agar apa yang sudah diterapkan di Jakarta juga bisa diterapkan di daerah lain," kata Efbahitul.

Baca juga: Soal Mutasi Virus Corona B.1.1.7, Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Tak Khawatir Berlebihan

Sementara Anies Baswedan mengharapkan para pengurus Rekan Indonesia wilayah agar terus bergerak dalam memperjuangkan hak pelayanan kesehatan bagi warga.

"Kerelawanan yang sesungguhnya ada dalam Rekan Indonesia. Yang bekerja menebar kebaikan dan memperjuangkan keadilan sosial tanpa pamrih dan mengharapkan imbalan" ujar Anies.

Anies melanjutkan bahwa kerelawanan itu tidak dapat dinilai karena kerelawanan itu tidak bernilai. Sehingga apa yang dikerjakan relawan adalah pelengkap bagi pemerintah daerah.

Baca juga: Kebakaran Bengkel Motor di Tambun Kabupaten Bekasi, 2 Motor Lagi Diperbaiki Hangus Terbakar

"Karena kepala daerah hanya punya program dan hanya dapat melihat ukuran keberhasilan program tersebut dari angka-angka statistik, sementara problem riil yang tidak terukur lewat statistik bisa didapatkan dari relawan yang terus bekerja di bawah," ujar mantan Mendikbud ini.

Selain itu Anies juga berpesan kepada para pimpinan wilayah Rekan Indonesia agar terus menebar kebaikan dan mewujudkan keadilan sosial dengan berkolaborasi dengan pemerintah daerahnya masing-masing.

"Di DKI Jakarta ukuran keberhasilan program di DKI bukan hanya angka-angka statistik tapi akan jauh lebih berhasil jika keberhasilan program di DKI menjadi pembicaraan di rumah warga bersama keluarganya. Setidaknya warga merasa beruntung menjadi warga DKI," tutup Anies.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved