Breaking News:

TPU Bambu Apus Hampir Penuh, Lebih Dari 1.000 Jenazah Covid-19 Telah Dimakamkan

Nyaris seluruh lahan bagi jenazah pasien Covid-19 sudah dimanfaatkan untuk pemakaman. Hanya ada segelintir sisa lahan yang masih bisa dipakai. 

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/Desy Selviany
Penggali kubur TPU Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur menggali makam protap Covid-19 (Kominfotik Jakarta Timur). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Terdata lebih dari 1.000 jenazah pasien Covid-19 telah dimakamkan di  Taman Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Demikian diungkap Camat Cipayung Fajar Eko Satrio.

"Per tanggal 1 Maret 2021 sudah 1.150 jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan di TPU Bambu Apus," kata Fajar, Selasa (2/3/2021). Jumlah tersebut akumulasi sejak TPU Bambu Apus menerima pemakaman jenazah pasien Covid-19 pada 21 Januari 2021 silam.

Namun demikian Fajar mengatakan TPU Bambu Apus masih mampu menampung jenazah pasien Covid-19. Hanya saja tidak dirinci ada berapa liang yang tersisa untuk jenazah pasien Covid-19.

"Kalau mau dibanyakin (liang untuk memakamkan jenazah pasien Covid-19 di TPU Bambu Apus) juga masih bisa," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan dua blad makam jenazah pasien Covid-19 di TPU Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur penuh. "Dua lokasi (blad) sudah penuh yang di Bambu Apus," kata Suzi, Senin (1/3/2021).

Namun masih ada satu blad pemakaman untuk makam jenazah pasien Covid-19 yang tersisa di TPU Bambu Apus untuk liang pemakaman tahap kedua di sisa blad terakhir. "Kita buka tahap 1 sudah penuh. Kita lagi upayakan tahap 2," kata Suzi.

Sementara, antauan di lokasi, lubang galian yang tadinya kosong kini sudah dimanfaatkan untuk makam khusus bagi jenazah pasien Covid-19. 

Baca juga: Mochamad Iriawan Ketum PSSI Targetkan Timnas U-23 Harus Menang Saat Hadapi Persikabo 1973

Baca juga: Dies Natalis 33 Tahun Universitas BSI, Kembangkan Inovasi Pendidikan Jarak Jauh

Nyaris seluruh lahan bagi jenazah pasien Covid-19 sudah dimanfaatkan untuk pemakaman. Hanya ada segelintir sisa lahan yang masih bisa dipakai. 

Terlihat sejumlah petugas pemakaman sedang menguruk tanah yang masih bisa untuk dimanfaatkan jadi makam jenazah pasien Covid-19. 

Hanya saja di lokasi tidak ada petugas yang bisa dimintai keterangan dari kondisi makam jenazah pasien Covid-19 di TPU Bambu Apus yang sudah mulai penuh. 

Namun berdasarkan informasi yang dihimpun, saat ini sudah ada 1.150 makam jenazah pasien Covid-19 di TPU Bambu Apus sejak pertama kali digunakan pada 21 Januari 2021.

Dengan jumlah itu maka dipastikan kapasitas yang disedikan sebanyak 1.200 makam jenazah pasien Covid-19 di Blad 2-5 TPU Bambu Apus dipastikan bakal segera penuh. 

Adapun TPU Bambu Apus memiliki luas 3.000 meter persegi dimana tiga dari empat blad untuk makam jenazah pasien Covid-19. Setiap bladnya tersebut bisa menampung 375 makam.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved