Breaking News:

Artis Korea

Ini Penyebab Lagu K-POP Hilang dari Spotify Mulai Senin 1 Maret, Masih Tunggu Kesepakatan Kakao M

Ratusan rilis lagu K-pop telah dihapus dari Spotify di seluruh dunia karena telah habis masa lisensinya

Warta Kota/Aloysius Sunu D
Lagu-lagu KPOP menghilang dari Spotify pada Senin 1 Maret 2021, masih menunggu konfirmasi dari Kakao M 

WARTAKOTALIVE.COM -- Ratusan rilis lagu K-pop telah dihapus dari Spotify di seluruh dunia karena platform streaming terus mencoba dan mencapai kesepakatan dengan distributor Kakao M.

Rilisan lagu yang didistiribusikan laber Korea itu tidak lagi didengarkan di Spotify seluruh dunia seperti IU , Cherry Bullet, Gfriend, Mamamoo, CL dan Nu’est.

Kakao M mendistribusikan banyak lagu populer Korea, dimana 37,5 persen lagunya masuk ke dalam tangga lagu tahunan top 400 tahun 2020 dari Gaon Music Chart

Dalam pernyataan kepada NME, juru bicara spotify mengonfirmasi katalog lagu dari Kakao M tidak akan lagi bersedia untuk pengguna dunia mulai 1 Maret 2021 karenena lisesinya

Baca juga: 10 Lagu Inspiratif Kpop Bisa Mengisi Hari Penuh Harapan untuk Bangkit dan Bersemangat

Spotify diluncurkan di Korea Selatan pada 1 Februari 2020, tetapi melakukannya tanpa musik dari artis dengan kesepakatan lisensi di bawah Kakao M, termasuk IU, Zico, dan lainnya.

Sekarang, rilis yang didistribusikan oleh label Korea telah dihapus dari Spotify di seluruh dunia.

Kakao M mendistribusikan sebagian besar musik populer Korea, dengan 37,5 persen lagu ditampilkan di Top 400 Yearly Song Chart 2020 dari Gaon Music Chart di bawah perusahaan.

Dalam pernyataan yang diberikan kepada NME, juru bicara Spotify mengonfirmasi bahwa katalog Kakao M tidak lagi tersedia untuk pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret 2021 "karena lisensi kami telah berakhir".

Baca juga: Ternyata Ada Aturan Ketat Bagi Idol Kpop Jika Mau Pacaran, Bagaimana Blackpink?

“Kami telah bekerja dengan KakaoM selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global, sehingga musik artis mereka akan tetap tersedia bagi 345 juta+ pendengar Spotify di hampir 170 pasar di seluruh dunia,” kata mereka.

“Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan KakaoM (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir.

Halaman
123
Penulis: Dian Anditya Mutiara
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved