Breaking News:

Kreativitas

Tekan Pencemaran Lingkungan, Alfamart Latih Cara Kelola Limbah Minyak Jelantah menjadi Sabun Cuci

Alfamart berkolaborasi dengan penggiat Bank Sampah Tri Alam Lestari mengadakan webinar bertajuk Pengolahan Limbah Minyak Jelantah menjadi Sabun Cuci

Istimewa
Alfamart berkolaborasi dengan penggiat Bank Sampah Tri Alam Lestari mengadakan webinar bertajuk Pengolahan Limbah Minyak Jelantah menjadi Sabun Cuci dan Lilin, Kamis (18/02/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Minyak jelantah bekas pakai yang sudah berwarna hitam seringkali hanya dibuang begitu saja ke dalam saluran pembuangan air. 

Padahal tanpa kita sadar itu menjadi salah satu limbah yang dapat mencemari lingkungan hidup.

Berawal dari hal ini, Alfamart berkolaborasi dengan penggiat Bank Sampah Tri Alam Lestari mengadakan webinar bertajuk Pengolahan Limbah Minyak Jelantah menjadi Sabun Cuci dan Lilin, Kamis (18/02/2021).

“Minyak jelantah bekas pakai, jangan langsung dibuang. Karena bisa kita olah menjadi sesuatu yang lebih bernilai.” ujar Menik, Pendiri Bank Sampah Tri Alam Lestari.

Menurut Menik sabun yang diolah dari jelantah, efektif untuk membersihkan noda kotoran. Bisa untuk mencuci kaos kaki, kain pel ataupun noda pada pakaian.

Baca juga: Lazismu Salurkan Donasi Konsumen Alfamart ke Penjuru Tanah Air

Alfamart berkolaborasi dengan penggiat Bank Sampah Tri Alam Lestari mengadakan webinar bertajuk Pengolahan Limbah Minyak Jelantah menjadi Sabun Cuci dan Lilin, Kamis (18/02/2021).
Alfamart berkolaborasi dengan penggiat Bank Sampah Tri Alam Lestari mengadakan webinar bertajuk Pengolahan Limbah Minyak Jelantah menjadi Sabun Cuci dan Lilin, Kamis (18/02/2021). (Istimewa)

Tujuan webinar ini adalah memberikan pelatihan kepada peserta agar dapat mengolah limbah minyak jelantah menjadi barang bermanfaat sekaligus upaya mengurangi dampak lingkungan akibat limbah.

"Langkah menyelamatkan lingkungan dari efek buruk limbah bisa dilakukan sedari dini di tingkat rumah tangga seperti ini," jelas Hadi Susianto, Branch Manager Alfamart Cikokol.

Webinar daur ulang ini adalah untuk yang kedua kalinya.

Baca juga: Layanan Paylater Kredivo Hadir di Alfamart, Belanja Sekarang Bayarnya Nanti, 30 Hari Bunga 0 Persen

Kegiatan pertama di laksanakan pada Januari lalu. Puluhan peserta antusias mengikuti webinar sembari mempraktekan dirumah mereka masing-masing.

“Mereka semangat mengikuti instruksi dari narasumber. Diakhir acara, para peserta menampilkan hasil karya sabun cuci dan lilin mereka. Kurang lebih total 150an peserta yang sudah mendapatkan edukasi mengenai daur ulang jelantah ini,” ungkapnya.

Baca juga: Promo Imlek Alfamart Dapatkan Potongan Harga Kebutuhan Barang dari Snack, Kopi, Minyak

“Mudah-mudahan Alfamart dapat memberi banyak manfaat bagi masyarakat melalui program edukasi seperti ini, karena Selain bisa menjaga lingkungan, hasil pengolahan limbah ini pun bisa dipasarkan sehingga menjadi salah satu alternatif sumber pendapatan “ tambahnya.

Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved