Breaking News:

Berita nasional

Pertemuan Menlu RI - Brunei Bahas Pekerja Migran Hingga Masalah Myanmar

Menlu RI Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Brunei Darussalam, Dato Erywan dalam kunjungannya di Bandar Seri Begawan pada Rabu

Tribunnews.com
Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi 

Wartakotalive.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Brunei Darussalam, Dato Erywan dalam kunjungannya di Bandar Seri Begawan pada Rabu (17/2/2021).

Pada konferensi pers Rabu, Retno mengatakan ia membahas sejumlah isu dengan Menlu Brunei.

Diantaranya membahas upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral, termasuk meningkatkan pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia.

“Kami juga melakukan tukar pikiran mengenai beberapa isu ASEAN, antara lain kerja sama vaksin dan juga perkembangan ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework,” kat Retno pada konferensi pers daring, Rabu (17/2/2021).

Menlu Retno mengatakan dirinya juga bertukar pikiran mengenai perkembangan situasi di Myanmar dengan Menlu Brunei.

Termasuk berupaya bagaimana ASEAN dapat berperan membantu Myanmar untuk dapat keluar dari situasi politik yang sulit dan melanjutkan proses transisi demokrasi.

Sebagaimana diketahui, Brunei Darussalam saat ini memegang Keketuaan ASEAN.

“Banyak negara telah menyampaikan keprihatinannya, termasuk Indonesia. Menyampaikan keprihatinan adalah satu hal, namun yang menjadi pertanyaan adalah apa yang dapat dilakukan Indonesia, dan ASEAN terutama, untuk membantu Myanmar keluar dari situasi yang sulit ini,” ujar Retno.

Retno mengatakan dukungan dan dorongan internasional terhadap ASEAN untuk dapat turut membantu politik Myanmar juga sangat tinggi.

Termasuk dengan adanya Press Statement DK PBB pada tanggal 4 Februari 2021 dan Resolusi ke-29 dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengenai implikasi hak asasi manusia pada krisis di Myanmar

Halaman
12
Editor: Bambang Putranto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved