Breaking News:

Luncurkan Program Samisade, Bupati Bogor Ade Yasin Geser Anggaran Dinas

Bupati Bogor, Ade Yasin meluncurkan Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di Kantor Desa Cipenjo Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.

Wartakotalive.com
Bupati Bogor Ade Yasin meluncurkan Porgram Samisade (Satu miliar satu desa) di Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rabu (17/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Bupati Bogor, Ade Yasin meluncurkan Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di Kantor Desa Cipenjo Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, Rabu (17/2/2021).

Program Samisade ini hadir untuk  mendongkrak perekonomian desa dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Samisade ini fokus untuk meningkatkan infrastuktur desa di Kabupaten Bogor,” kata Ade di Kantor Desa Cipenjo Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bogor Meninggal karena Covid-19, Bupati Bogor Minta ASN Patuhi WfH

Menurut Ade Yasin menambahkan infrastuktur desa yang bisa dibangun dengan dana ini antara lain pembangunan jalan desa, pembangunan tebing desa, drainase desa dan lainnya.

"Program Samisade ini sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat desa. Peogram ini fokus pada pembangunan jalan desa di wilayah yang berkepentingan dengan urusan ekonomi, seperti sentra UKM, persawahan dan kawasan wisata," jelasnya.

Menurut Ade, program Samisade ini diperuntukan bagi 349 desa yang lolos verifikasi dengan total anggaran Rp 311,81 miliar.

"Jangan berpikir uang ini mudah didapatkan. Kami harus melakukan refocusing anggaran untuk program ini. Kalau ada yang bisa kita geser, akan kita geser sehingga jumlahnya bisa bertambah,” papar Ketua PPP Jawa Barat ini.

Baca juga: Sebanyak 67 Desa di Kabupaten Bogor Gagal Verifikasi Bahkan Ada yang Belum Mengajukan Sama Sekali

Sementara penerima masih di angka 349 desa, sisanya dianggarkan selanjutnya. 

“Saat ini ada beberapa desa yang sudah mengajukan dan sedang diverifikasi. Nanti akan diusahakan dalam anggaran perubahan," jelasnya. 

Program Samisade ini rencananya mulai direalisasikan paling telat bulan April 2021 ini.

Baca juga: Pemkab Tangerang Segera Rampungkan Perbup Pemilihan Kepala Desa Serentak

“Program ini akan dilaksanakan setiap tahun. Mungkin ini yang pertama di Indonesia. Tujuannya agar pembangunan dirasakan masyarakat desa,” ungkap Ade.

Bagi desa yang tahun ini lolos sebagai penerima program Samisade, maka tahun selanjutnya mereka masih berhak menerima kembali program bantuan ini.

"Kalau pembangunan desanya belum selesai, kita tetap akan berikan anggaran karena PAD kita diperoleh dari desa-desa, terutama desa yang punya banyak potensi,” tambahnya.

“Melalui program Samisade, ini kita ingin kembalikan ke desa guna memajukan desa, juga untuk meningkatkan PAD," tutur Ade.

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved