Breaking News:

Virus corona

Komisi IX DPR Soroti Anggaran Isolasi Mandiri Rp 479 Miliar, Menkes: Sebagian Besar untuk Obat

Sejumlah anggota Komisi IX DPR RI menyoroti rencana anggaran Rp 479 miliar yang bakal dialokasikan untuk pasien positif Covid-19

Biro Pers Setpres/Kris
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 

Wartakotalive.com, Jakarta - Sejumlah anggota Komisi IX DPR RI menyoroti rencana anggaran Rp 479 miliar yang bakal dialokasikan untuk pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Budi mengatakan sebagian besar anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk memenuhi pembelian obat-obatan hingga vitamin.

"Banyak pertanyaan kenapa isolasi di rumah dikasih anggaran. Itu sebenarnya terkait sebagian besar untuk obat-obatannya, Pak," ujar Budi, dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (9/2/2021).

Budi menegaskan pemerintah akan membantu memberi obat-obatan hingga vitamin dari anggaran tersebut kepada masyarakat yang terindikasi positif Covid-19.

Menurutnya masyarakat yang akan menerima obat dan vitamin itu adalah masyarakat yang teridentifikasi positif Covid-19 dengan gejala ringan dan diisolasi mandiri di rumah.

"Jadi, walaupun dia sudah teridentifikasi, tapi ringan, dia dimasukkan di rumah. Kalau dia positif konfirmasi kita kasih minimum obat-obatan, vitamin, dan antivirus oseltamivir. Tapi kalau dia hanya kontak erat kita kasih vitamin-vitamin saja," jelasnya.

Adapun hal ini, kata Budi, berdasarkan dari aturan WHO dimana 80 persen dari 1 juta masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 hanya perlu dirawat di rumah.

"Memang bapak-ibu, aturan WHO setiap 1 juta yang terkonfirmasi positif, 80 persen hanya butuh dirawat di rumah, 20 persen saja yang masuk rumah sakit. Itu yang jadi dasar kita untuk hitung berapa banyak anggaran untuk isolasi, dan berapa banyak anggaran untuk terapeutik ini," katanya.

Kasus Covid-19 terkini

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memperbarui data jumlah pasien positif corona di Indonesia, Selasa (9/2/2021).

Halaman
12
Editor: Bambang Putranto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved