Breaking News:

Berita Internasional

Sentimen Positif, Stimulus Fiskal Jumbo Amerika Serikat Siap Diteken

Partai Demokrat di Senat Amerika bersiap untuk mengambil suara, tanpa dukungan Partai Republik untuk meloloskan proposal bantuan Covid-19 tersebut. 

KOMPAS.COM / SHUTTERSTOCK
Ilustrasi: mata uang Amerika Serikat, Dollar AS 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -Rancangan Undang-undang (RUU) stimulus fiskal Covid-19 senilai 1,9 triliun dolar Amerika Serikat (AS) yang diusulkan pemerintah Joe Biden mendapatkan momentum pada hari Jumat kemarin. 

Dewan Perwakilan Rakyat AS dikabarkan telah menyepakati persetujuan akhir pada besaran anggaran yang akan memungkinkan partai Demokrat mendorong paket bantuan Covid-19 melalui Kongres. 

"Di sisi lain, paket ini memang mendapat tentangan politisi partai Republik," ujar Pengamat pasar modal Hans Kwee, Minggu (7/2/2021). 

Daftar Negara Terlilit Utang dengan China Diprediksi Bangkrut, Mulai dari Pakistan Hingga Kyrgyzstan

Hans menjelaskan, Partai Republik telah mengusulkan paket stimulus fiskal yang lebih moderat senilai 618 miliar dolar AS yang mencakup cek stimulus yang baru sebesar 1.000 dolar AS per orang. 

Sementara, Partai Demokrat di Senat Amerika bersiap untuk mengambil suara, tanpa dukungan Partai Republik untuk meloloskan proposal bantuan Covid-19 tersebut. 

Menurut Hans, Bila terjadi pemungutan suara di Senat maka paket itu diperkirakan akan lolos karena posisi kedua partai seimbang, sehingga keputusan akhir ada ditangan Wakil Presiden AS Kamala Harris. 

Kapal Perang TNI AL Bayangi Kapal Induk Amerika Serikat USS Nimitz yang Lintasi Timur Sumatera

"Paket fiskal AS yang besar telah menjadi sentimen positif penggerak pasar saham pekan lalu dan pekan depan," pungkasnya.

Penurunan ekonomi tertajam

Sebelumnya diberitakan, Pengamat pasar modal Hans Kwee mengatakan, ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal IV tahun 2020 tercatat tumbuh 4 persen. 

Pertumbuhan ini melambat dibandingkan dengan kuartal tiga yang tumbuh 33,4 persen dan sedikit di bawah ekspektasi Wall Street di level 4,3 persen. 

Halaman
1234
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved