Breaking News:

Hewan Peliharaan

INGAT! Jangan Beri Makan Nasi kepada Kucing, Ini Alasannya

Bagi manusia, karbohidrat seperti nasi adalah salah satu sumber energi utama yang menjadikan makanan ini tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Editor: Hertanto Soebijoto
Twitter
Banyak yang tidak tahu, ternyata nasi bukan makanan yang baik buat kucing. Beberapa efek yang ditimbulkan jika kucing diberi makanan nasi. Foto ilustrasi: Kucing peliharaan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Selama ini di masyarakat masih banyak yang memberi makanan kucing dengan nasi berikut ikan asin atau lainnya.

Tidak seperti manusia, kucing ternyata tidak baik jika diberi makan nasi. Padahal, selama ini masyarakat masih gemar memberi kucing dengan nasi.

Bagi manusia, karbohidrat seperti nasi adalah salah satu sumber energi utama yang menjadikan makanan ini tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia.

Namun hal yang sama tidak berlaku untuk kucing. Oleh karena itu, dokter hewan menegaskan pentingnya menghentikan kebiasaan memberi nasi kepada kucing.

Menurut dokter hewan Radhiyan Fadiar Sahistya, kucing tidak mampu mencerna karbohidrat menjadi sumber energi secara baik, sebab energi utama kucing berasal dari protein.

Saat kadar protein berkurang, kucing menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Baca juga: Kucingnya Mati Ditembak, Warga Cibubur akan Laporkan Pelaku ke Polisi

Baca juga: Pelaku Penembakan Minta Maaf, Pemilik Kucing di Cibubur Batal Tempuh Jalur Hukum

"Lantas apa akibatnya jika kucing mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat? Karena kucing tidak dapat mencerna karbohidrat dengan baik, maka efeknya adalah gula darah meningkat secara drastis," kata Radhiyan dalam webinar "Pentingnya Gizi Pada Anjing dan Kucing di Masa Pandemi" yang tayang di YouTube, dikutip Minggu (31/1/2021).

Berlebihan memberikan nasi dapat mengakibatkan kasus diabetes kepada kucing, terutama kucing yang sudah menginjak usia dewasa.

Nutrisi

Sama seperti manusia, memberikan makanan dengan nutrisi seimbang kepada hewan peliharaan juga penting agar "anak-anak bulu" bisa tumbuh dengan baik.

Baca juga: Kucing Peliharaan Warga Cibubur Tewas Ditembak Senapan Angin, Pelaku Diduga Tetangga Sendiri

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved