Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Tangani Pandemi Covid-19, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Dorong Puskesmas Jadi RS Tipe D

Tangani pandemi Covid-19, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, dorong puskesmas jadi RS Tipe D.

Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Tangani pandemi Covid-19, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, dorong puskesmas jadi RS Tipe D. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Tangani Pandemi Covid-19, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, mendorong puskesmas menjadi Rumah Sakit (RS) Tipe D.

Pemerintah Kabupaten Bogor mendukung inisiatif Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberdayakan puskesmas dalam penanganan Covid-19.

Melalui program Puspa (Puskesmas Terpadu dan Juara), Pemprov Jawa Barat akan memperkuat sekitar 100 Puskesmas yang tersebar di 12 daerah, termasuk di Kabupaten Bogor.

Program ini memungkinkan puskesmas sebagai simpul 3T (Testing, Tracing, Treatment) penanganan Covid-19 sehingga lebih cepat memutus rantai penularan.

Terkait program Puspa ini, DPRD Kabupaten Bogor mendukung inisiatif Pemprov Jawa Barat ini.

“Kami sedang mendorong pemerintah daerah untuk menaikkan status puskesmas di Kabupaten Bogor sebagai rumah sakit tipe D,” kata Ketua DPRD Kabupaten Bogor saat menerima kunjungan tim redaksi Wartakotalive.com di Nusantara Polo Club, Cibinong, Rabu (27/1/2021).

Dalam hal penanganan Covid-19, lanjut dia, 4 RSUD di Kabupaten Bogor harus menjadi rumah sakit rujukan utama yang dibantu oleh puskesmas-puskesmas. 

“Kabupaten Bogor ini memiliki 101 puskesmas. Kalau satu puskesmas saja ada lima ruangan untuk isolasi Covid-19, berarti ada 505 ruang isolasi,” ujarnya.

Baca juga: Jalin Silaturahmi, Ini Harapan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto kepada Warta Kota

Menurut politisi Partai Gerindra ini, lokasi yang tersebar di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor membuat puskesmas efektif sebagai ujung tombak penanganan Covid-19.

“Puskesmas harus jadi ujung tombak untuk penanganan Covid-19 karena lokasinya yang tersebar merata. Tetapi kapasitasnya harus ditingkatkan sehingga layak efektif dalam melakukan 3T,” paparnya.

Sebelumnya Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengatakan, Pemkab Bogor sangat menyambut baik upaya tersebut, karena dapat menjadi penguatan puskesmas sebagai fasilitas kesehatan terdekat dengan masyarakat.

“Program penguatan Puskesmas bisa mempercepat pencarian dan penelusuran kasus Covid-19 dengan 3T,” kata Iwan.

Ia menambahkan bahwa penguatan puskesmas dalam respons penanganan Covid-19 mampu meningkatkan kemampuan melaksanakan upaya deteksi dini melalui surveilans yang efektif. 

“Peningkatan kapasitas tes, penelusuran kontak, isolasi, dan penanganan awal di tingkat komunitas akan lebih efektif jika dilaksanakan puskesmas,” pungkasnya.

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved