Breaking News:

Berita Bekasi

Setahun Lebih Kemenkeu Tidak Beri Jawaban, Lahan Pinggir Tol JORR Bekasi Kini Jadi Lautan Sampah

Setahun Lebih Tidak Ada Kepastian, Rencana Rahmat Effendi Manfaatkan di Pinggir Tol JORR Jadi TPS Transit Kandas, Lokasi Kini Jadi Lautan Sampah

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota/Rangga Baskoro
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI BARAT - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menegaskan pihaknya telah lama bersurat ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait izin menggunakan lahan TPS liar di pinggir Tol JORR, Jakasampurna, Bekasi Barat.

Pemkot Bekasi berniat untuk menggunakan lahan seluas 22 hektar itu untuk dijadikan TPS, sehingga bisa dikelola oleh pihaknya.

"Kita setahun yang lalu sudah buat surat, tanah itu kan diinventarisir milik Kementerian Keuangan, kita mau pakai untuk transit (TPS), jadi sampah dari Bekasi Barat, Pondok Gede, sebagian transit di situ sebelum ke TPA Sumurbatu," tutur Rahmat di Kota Bintang, Bekasi Barat pada Rabu (27/1/2021).

Namun sayangnya, hingga kini tak ada tanggapan dari Kemenkeu.

Pemkot Bekasi pun tak bisa memberikan fasilitas lantaran hingga kini belum mendapatkan izin.

Sejak mengalami ketidakjelasan, TPS liar seluas 22 hektar itu, malah dikelola oleh ormas sehingga menyebabkan lautan sampah.

"Tapi ini belum ada kebijakan yang memberikan (izin). Kalau (jadi) transit kan berarti kita sediakan (sarana-prasarana), kita belum bisa menyedikan sarana prasarana di situ karena kita belum ada kerja sama untuk itu dijadikan daerah transit," ungkapnya.

Baca juga: Angkat Sumpah, Sandi Minta PNS Kemenparekraf Baru Kombinasikan Gercep, Geber dan Gaspol dengan 4 As

Meski begitu, Rahmat mengakui bahwa kepengelolaan TPS liar secara bawah tangan yang dilakukan oleh oknum ormas merupakan tanggung jawab pihaknya.

"Memang ada keteledoran, sekarang kita membutuhkan armada yang luar biasa untuk memindahkan ke TPA. Nah ini juga terus kita lakukan sambil kita juga mengejar kepemilikan dari Kementerian Keuangan," tutur Rahmat. (abs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved