Breaking News:

Virus Corona Tangsel

Airin Rachmi Diany Bangga pada Penyintas Covid-19 yang Ikuti Program Donor Plasma Konvalesen

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, mengaku bangga pada ratusan penyintas Covid-19 yang telah mengikuti donor plasma konvalesen

Penulis: Rizki Amana | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Rizki Amana
Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, memberikan apresiasi kepada ratusan penyintas Covid-19 yang rela mendonorkan plasma darahnya untuk sesama penderita virus berbahaya tersebut. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, mengaku bangga pada ratusan penyintas Covid-19 yang telah mengikuti program donor plasma konvalesen. 

Menurutnya, para pelaku pendonor penyintas Covid-19 telah mampu menciptakan ratusan kantong plasma darah untuk pengobatan Covid-19.

"Jadi pada intinya yang sudah lolos screening dan sudah diproduksi kemarin 151 kantong plasma darah, dan yang terbaru sudah ada 49 lolos screening dan akan dilakukan donor untuk plasma konvalesen sesuai dengan waktu mereka," kata Airin di PMI Kota Tangsel, Serpong, Kota Tangsel, Selasa (19/1/2021). 

Airin menjelaskan dari ratusan kantong plasma konvalesen itu telah banyak didistribusikan ke sejumlah rumah sakut rujukan Covid-19.

Bahkan, kantong plasma darah yang dihasilkan juga didistribusikan pihaknya ke rumah sakit yang berada di luar wilayah kerjanya itu. 

Adapun kantong plasma darah masih minim permintaan dari rumah sakit yang berada di Kota Tangsel. 

"Tiga sampai lima rumah sakit sisanya di luar daerah, sampai Pangkalpinang (Provinsi Kepulauan Bangka Belitung-red) pun di list di kami," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan presentase keberhasilan plasma konvalesen terbilang baik digunakan untuk pengobatan Covid-19.

"100 persen sedang ke berat, di Malang itu kalau yang berat ke kritis 85 persen keberhasilannya," katanya. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved