Breaking News:

Berita Jakarta

Dibangun Era Presiden Soekarno, Relief di Sarinah Diduga Buatan Edhi Sunarso

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) menduga pembuat relief di gedung Sarinah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yakni Edhi Sunarso.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Intan Ungaling Dian
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi acara Vertival Catwalk menampilkan model berbusana batik menuruni dinding Gedung Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat. Saat ini, Sarinah sedang direnovasi. Falam Gedung Sarinah ada bagian relief yang diduga buah karya Edhi Sunarso. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) menduga pembuat relief di gedung Sarinah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yakni Edhi Sunarso.

Dugaan Edhi Sunarso yang membuat relief di Sarinah itu mengacu pada sejarah dibangunnya patung tersebut oleh Presiden RI Ir Soekarno sekitar tahun 1960-an.

Di sisi lain yang menguatkan relief itu dibangun Edhi Sunarso karena Presiden Soekarno sangat menyukai karya-karya patung buatan pria asal Yogyakarta itu di Jakarta.

Di antaranya Tugu Pancoran atau Patung Dirgantara, Jakarta Selatan, Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat,  dan Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Benteng, Jakarta Pusat.

Anggota TACB Candrian Attahiyat mengatakan, saat ini tim pemugaran Sarinah masih mencari sosok pembuat relief itu.

Alasannya, pihak keluarga Edhi Sunarso ketika dikonfirmasi juga tidak bisa memastikan apakah relief tersebut merupakan karya Edhi Sunarso atau bukan.

Baca juga: Erick Thohir Bereskan Oknum-Oknum Terkait Sarinah, Akan Jadi Pusat UMKM Namun Bantah Anti Asing

Selain itu, TACB belum mengetahui tahun pembuatan relief di Sarinah.

Namun diperkirakan, relief sepanjang 12 meter dan tinggi 3 meter itu dibangun sekitar tahun 1960-an atau pada akhir kepemimpinan Presiden Soekarno.

“Barang ini bagus dan ini sudah ditinjau oleh Pak Asikin (anggota TACB) dan ibu Yuke Ardhiati (penulis buku Dua Relief di Gedung Sarinah)," kata Candrian, Minggu (17/1/2021).

"Tetapi tidak diketahui siapa perupanya padahal sudah dilakukan wawancara dengan pihak keluarga yang diduga karyanya menyerupai relief itu,” ujarnya lagi.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved