Breaking News:

Virus Corona

Proses Vaksinasi Covid-19 Harus Cepat agar Tercipta Herd Immunity

Vaksin Covid-19 akan efektif menekan penularan penyakit Covid-19 apabila disuntikkan kepada minimal 70 persen dari total populasi dalam waktu cepat.

SWA
Kepala Lembaga Biologi Molekular Eijkman, Amin Soebandrio. Amin menyatakan vaksin Covid-19 akan efektif menekan penularan penyakit Covid-19 apabila disuntikkan kepada minimal 70 persen dari total populasi di sebuah wilayah/negara dan dalam waktu sesegera mungkin, agar tercipta kekebalan komunitas (herd immunity). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kepala Lembaga Biologi Molekular Eijkman, Amin Soebandrio, menyatakan vaksin Covid-19 akan efektif menekan penularan penyakit Covid-19 apabila disuntikkan kepada minimal 70 persen dari total populasi di sebuah wilayah/negara.

Apabila angka itu bisa dicapai, maka akan tercipta kekebalan komunitas (herd immunity) terhadap sebuah penyakit.

Adapun angka 70 persen di Indonesia setara dengan 182 juta jiwa.

“Selama kekebalan komunitas bisa tercapai minimal 70 persen, semua ahli menyatakan potensi penularan bisa dihentikan, tetapi kalau itu benar-benar mencapai 70 persen, ya,” ujar Amin ketika dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (8/1/2021).

Durasi pelaksanaan vaksinasi terhadap minimal 70 persen dari total populasi, menurut Amin, juga menjadi poin penting, karena hal ini berkaitan dengan berapa lama antibodi yang terbentuk bertahan di dalam tubuh penerima vaksin.

Amin mencontohkan, apabila seluruh proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia baru selesai dalam waktu 1,5 tahun, sedangkan antibodi di dalam tubuh individu hanya bertahan selama enam bulan, maka proses herd immunity akan sulit tercapai.

Setelah melewati masa enam bulan seusai seseorang menerima vaksin, antibodi yang terbentuk di dalam tubuh individu itu menurun.

Sementara itu, di sekitarnya masih banyak orang yang belum memiliki kekebalan terhadap penyakit Covid-19, sehingga orang pertama bisa berpotensi terjangkit Covid-19.

“Sementara yang lain-lain belum divaksin, sebab masih dalam proses. Kalua situasi seperti itu, akan sulit untuk mencapai 70 persen kekebalan,” ucap Amin.

Oleh karena itu, kata Amin, penyelesaian proses vaksinasi Covid-19 tidak boleh memakan waktu terlalu lama.

Halaman
123
Editor: Merdi Iskandar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved