Breaking News:

Pemain Legenda

Simson Rumahpasal Di Usia 70 Masih Melatih SSB Banteng United Jakarta

Posisi bek kanan timnas Indonesia selalu dipercayakan pada Simson di era pertengahan 70-an hingga awal 80-an

Penulis: Rafzanjani Simanjorang | Editor: Umar Widodo
Warta Kota/Rafzanjani Simanjorang
Mantan bek timnas Indonesia Simson Rumahpasal masih mendedikasikan hidupnya dengan melatih SSB Banteng United 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Simson Rumahpasal (70) mantan pemain nasional sepak bola Indonesia pada era 1970-an dan 1980-an ini lahir di Desa Lohiatala, Seram Barat, Maluku, 21 Agustus 1950.

Spesialis bek kanan dan putra asli Maluku ini cukup lama membela tim Merah Putih. Kepiawaiannya menghalau serangan yang datang dari sektor kanan pertahanan timnas Indonesia pada saat itu.

Membuat posisi bek kanan timnas Indonesia selalu dipercayakan pada Simson di era pertengahan 70-an hingga awal 80-an. Tandemnya saat itu Robby Binur, Nobon dan Johanes Auri.

Lebih dari delapan tahun Simson mengawal sektor pertahanan timnas. Dalam kurun waktu itu, ia sempat tampil di sejumlah ajang internasional, seperti Merdeka Games, Pra Olimpiade, King’s Cup, SEA Games dan Pra Piala Dunia.

Foto kenangan saat Simson Rumahpasal memperkuat timnas Indonesia pada era 70 hingga 80an
Foto kenangan saat Simson Rumahpasal memperkuat timnas Indonesia pada era 70 hingga 80an (Warta Kota/Rafzanjani Simanjorang)

Usai gantung sepatu, Simson memiliki keinginan untuk membagi ilmu yang dimilikinya pada para pemain muda dan membuatnya sekarang menekuni profesi sebagai pelatih.

Simson pernah tercatat sebagai pelatih sederet klub diantaranya Persikota Tangerang, Warna Agung, Persita Tangerang, Persijatim Jakarta Timur, PS Ketapang, Persipon Pontianak, Persika Karawang dan PS ABRI.

Awal karier Simson kecil dimulai saat dirinya gemar bermain bola hingga terpilih memperkuat klub Bintang Timur, Ambon era 60-an.

Bakatnya sebagai pemain bertahan  kemudian memikat hati tim perusahaan Pertamina, Makassar di tahun 1974. Namun, ia hanya memperkuat tim perusahaan tersebut selama setahun.

Tahun 1975, dirinya memperkuat PSM Makassar cuma selama setahun kemudian, ia berkelana ke klub asal Jakarta yang bernama Warna Agung milik pengusaha cat Benny Mulyono.

Baca juga: PSSI Fokus Sediakan Panduan untuk Pengembangan Sepak Bola Usia Dini di Indonesia

Di ibu kota, dirinya menjadi pemain bertahan yang mencuri perhatian di pertandingan era perserikatan, hingga akhirnya mampu menembus timnas Indonesia di era 75an.

Simson Rumahpasal saat masih menjadi pemain selalu dipilih untuk menempati posisi bek kiri timnas Indonesia
Simson Rumahpasal saat masih menjadi pemain selalu dipilih untuk menempati posisi bek kanan timnas Indonesia (Warta Kota/Rafzanjani Simanjorang)
Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved