Berita Tangerang Selatan

DPRD Kota Tangsel Belum Pastikan Langkah Strategis Hadapi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

DPRD Tangsel menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) untuk melakukan pengawasan harga kebutuhan pokok di pasaran. 

Penulis: Rizki Amana | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Rizki Amana
Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Abdul Rosyid 

WARTAKOTALIVE.COM, SETU - Sejumlah harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik seiring perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Abdul Rosyid mengungkapkan, pihaknya belum melakukan langkah-langkah preventif guna mengantisipasi pelonjakan harga di pasaran. 

Ia menyebut menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) untuk melakukan pengawasan harga kebutuhan pokok di pasaran. 

"Kalau terjadi kenaikan segala macan itu kan biasa menjelang tahun baru, Idul Fitri, Natal itu pasti lonjakan harga, tinggal stabilitas harga saja nanti. Nah strategi bagaimana stabilisasi harga yaitu ada biasanya berbagai langkah - langkah yang diambil oleh pemerintah terutama dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan," kata Rosyid saat ditemui di Gedung DPRD Kota Tangsel, Setu, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: VIDEO DPRD Tangsel Serahkan ke Pemkot Soal Strategi Hadapi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok 

Kendati kenaikan harga itu terjadi di tengah kondisi pandemi covid-19, Abdul Rosyid mengaku hanya melakukan pengawasan harga dari laporan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel. 

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan sebelum memastikan tindakan tertentu terkait lonjakan harga kebutuhan pokok jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

"Ya pasti kita akan lakukan langkah-langkah minimal kita akan berkoordinasi dengan teman-teman Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk memastikan semua stabilitas harga di pasar," ujar Rosyid. 

Baca juga: VIDEO RLC Kota Tangsel Rawat Dua Tahanan Polres Tangsel yang Berstatus Infeksi Covid-19

"Tetapi dalam konteks tahunan ini kan biasa, tinggal langkah-langkah strategis yang dilakukan pemerintah kota dan itu saya kira sudah dilakukan pemerintah pusat," pungkasnya. 

Pemkot gelar operasi pasar

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan pihaknya bakal menggelar kegiatan Operasi pasar. 

Menurutnya, langkah itu dilakukan guna mengantisipasi kelonjakan harga yang terlampau tinggi pada kebutuhan pokok di sejumlah pasar yang terdapat pada wilayah kerjanya. 

"Harga komoditi, jenis komoditi di pasar tradisional dan pasar modern akan mengalami kenaikan hari ini, jelas. Karena ini sifatnya psikologi karena akan menghadapi natal dan nanti tahun baru juga akan mengalami kenaikan," kata pria yang akrab disapa Bang Ben ini saat ditemui di Gedung DPRD Kota Tangsel, Setu, Rabu (23/12/2020).

Ilustrasi kebutuhan pokok.
Ilustrasi kebutuhan pokok. (WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN)

"Tapi kami sudah siap apabika diperlukan oleh pasar untuk melakukan intervensi pasar melalui operasi pasar yang akan dan sudah kami siapkan," lanjutnya. 

Ben menuturkan dalam beberapa waktu ini pihak otoritas Kota Tangsel sedang melakukan pengawasan terkait harga pokok disejumlah pasar yang terdapat di Kota Tangsel. 

Dari hasil tersebut, kata Bang Ben pihaknya menjamin ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat di tengah perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

"Masih aman kalau stok kita untuk dua minggu ke depan," pungkasnya. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved