Breaking News:

Pilkada Tangsel

Ribuan Surat Suara Pilkada 2020 Kota Tangsel Dimusnahkan 

Ribuan Surat Suara Pilkada 2020 Kota Tangsel Dimusnahkan. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Warta Kota/Rizki Amana
Pemusnahan surat suara Pilkada 2020 Kota Tangsel di Gedung KPU Kota Tangsel pada Selasa (8/12/2020) malam. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan (KPU) menggelar kegiatan pemusnahan ribuan surat suara Pilkada 2020 Kota Tangsel. 

Pemusnahan sejumlah surat suara Pilkada 2020 Kota Tangsel itu turut disaksikan pihak Bawaslu Kota Tangsel, sejumlah personel Polres Tangsel, dan Satpol PP Kota Tangsel. 

Komisioner KPU Kota Tangsel Divisi Hukum dan Pengawasan, M Taufik MZ mengatakan pemusnahan itu dilakukan usai pihaknya melakukan penyortiran surat suara secara menyeluruh. 

"Alhamdulillah malam ini semua sudah kita rekap baik tingkat PPS sampai tingkat PPK untuk kebutuhan suat suara di 2.963 TPS. Jadi malam ini kita musnahkan sejumlah 1.584 surat suara, baik dalam keadaan baik maupun salam keadaan rusak," kata Taufiq di Gedung KPU Kota Tangsel, Setu, Selasa (8/12/2020).

Baca juga: Taat Bayar Pajak, Pemkab Bogor Beri Penghargaan bagi 29 Wajib Pajak

Taufiq menuturkan dari ribuan surat suara yang dimusnahkan pihaknya didapat dari sejumlah penyortiran yang dilakukan pihaknya. 

Menurutnya dari ribuan suara suara itu tak seluruhnya dalam keadaan rusak melainkan surat suara yang terhitung lebih saat didistribusi ke sejumlah gudang yang ada di tujuh kecamatan Kota Tangsel. 

"Ada dua hal yang ingin kami sampaikan pertama ada surat suara utuh yang tidak kepakai ada 547. Tadi sudah kita saksikan untuk kita musnahkan untuk menghilangkan dan menghindari penyalahgunaan surat suara utuh," jelas Taufiq. 

"Adapun yang rusak baik itu cetakannya, gambar, maupun nomor, serta tata letak belakang yang tidak simetris itu kategori rusak ada 1.127," lanjutnya. 

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Tangsel Divisi Hukum, Data, dan Informasi, Slamet Santosa mengatakan proses pemusnahan ini penting untuk diawasi pihaknya. 

Pasalnya, proses pemusnahan ini untuk memastikan tak ada penyalahgunaan surat suara jelang pencoblosan Pilkada 2020 Kota Tangsel.

"Kita memastikan KPU sudah menyelesaikan tugasnya dalam proses pengadaan logistik sampai dengan pemusnahan sisa-sisa surat suara. Nah surat suara ini seperti kita ketahui bersama asa yang utuh dan ada yang sudah rusak. Tugas kita selain itu juga memastikan surat suara yang dimusnahkan ini tidak di salah gunakan sehingga proses pemusnahan ini menjadi penting," kata Slamet dikesempatan yang sama.

Baca juga: Dibagi 7 Paket, Pengerjaan Normalisasi Kali Bekasi Bakal Digarap Bertahap

Penulis: Rizki Amana
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved