Breaking News:

Libur Panjang

Dua Hari Pasca Libur Panjang, Jasa Marga Catat 347 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta

Distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 55,0 persen dari arah timur, 24,0 persen dari arah barat dan 21 persen

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Feryanto Hadi
Dok Humas Jasa Marga
Ilustrasi suasana Gerbang Tol Cikampek Utama. Pada libur Maulid Nabi Muhammad SAW ini akan menjadi libur panjang akhir pekan. Jasa Marga memprediksi bakal terjadi lonjakan kendaraaan di jalan tol dari Jakarta ke luar kota. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI--- Jasa Marga mencatat sebanyak 347.733 kendaraan menuju Jakarta pada dua hari arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi 1442 Hijriyah, 31 Oktober 2020 - 1 November 2020.

Angka kendaraan yang kembali ke Jakarta baru separuhnya, jika dibandingkan data kendaraan keluar dari Jakarta kemarin sebanyak 655 ribu.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, angka 347.733 merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

Baca juga: Anies Keluarkan Tiga Terobosan untuk UMKM Demi Jakarta Berkeadilan di Dunia Usaha

"Total volume lalin yang menuju Jakarta ini naik 24,7 persen jika dibandingkan lalin new normal," kata Heru, pada Senin (2/11/2020).

Heru menjelaskan untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 55,0 persen dari arah timur, 24,0 persen dari arah barat dan 21 persen dari arah selatan.

Baca juga: Hari Pertama Arus Balik Libur Panjang, Jasa Marga Catat 160 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan, 3M yakni menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak saat berada di tempat istirahat.

"Jangan lupa mengisi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara,"paparnya.

Baca juga: Banyak Klaim saat DKI Raih Award Dunia, Anies: Yang Dinilai Inovasi Transportasi 15 Bulan Terakhir

Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Arah Timur

- GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 100.647 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 48,8 persen dari lalin new normal.
- GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 90.679 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 32,0 persen dari lalin new normal.
Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 191.326 kendaraan, naik sebesar 40,3 persen dari lalin new normal.

Arah Barat

Lalin menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 83.603 kendaraan, naik sebesar 9,4 persen dari lalin new normal.

Arah Selatan

Jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 72.804 kendaraan, naik sebesar 10,1 persen dari lalin new normal.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved