Breaking News:

Berita Jakarta

Libur Panjang Maulid Nabi, PT KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 30.000 Lebih Penumpang

Libur Panjang Maulid Nabi, PT KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 30.000 Lebih Penumpang. Tujuannya di antaranya Jawa Tengah dan JAWA Timur.

Antara Foto
Penumpang duduk di dalam rangkaian gerbong KA Bima rute Stasiun Gambir-Malang PP di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (11/7/2020). PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) kembali menambah lima perjalanan kereta api (KA) jarak jauh di area Daop 1 Jakarta untuk tujuan Bandung, Cirebon dan Surabaya yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang hanya dioperasikan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT KAI Daop 1 Jakarta telah memberangkatkan sebanyak 30.470 penumpang dari Stasiun Gambir, Pasarsenen dan Jakarta Kota pada libur panjang periode 27-30 Oktober 2020.

Tujuan favorit para penumpang diungkapkan Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa di antaranya, Yogyakarta, Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dengan adanya peningkatan penumpang KA tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta juga mengoperasikan KA Tambahan secara bertahap hingga 27 KA per hari.

Baca juga: Tidak Pakai Masker, Puluhan Wisatawan Taman Impian Jaya Ancol Dihukum Sanksi Sosial

Penambahan KA tersebut dimulai tanggal 27 Oktober 2020 hingga 1 Nov 2020 dengan pemberangkatan 12 KA dari Stasiun Gambir, 13 KA dari Stasiun Pasarsenen dan 2 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

Meski perjalanan KA ditambah sampai dengan 27 KA per hari dan volume penumpang KA meningkat, namun PT KAI Daop 1 Jakarta tetap konsisten menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 baik di area Stasiun dan perjalanan KA di atas KA.

Seperti, pembatasan okupansi penumpang maksimal sebanyak 70 persen dari kondisi normal.

"Peningkatan volume pengguna jasa KA juga diikuti dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Stasiun dan di atas KA," ungkap Eva Chairunisa dalam siaran tertulis pada Jumat (30/10/2020).

Baca juga: Kunjungi Usaha Abon Ikan Belitung, Sandiaga Uno : UMKM Tulang Punggung Pemulihan Ekonomi Bangsa

Penumpang yang akan berangkat diwajibkan melampirkan hasil tes rapid atau pcr serta pengukuran suhu tubuh.

Apabila terdapat calon penumpang dengan suhu tubuh diatas 37,3 derajat maka tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan dikembalikan sepenuhnya.

PT KAI juga memberikan faceshield yang wajib digunakan pengguna jasa sepanjang perjalanan KA sampai dengan Stasiun tujuan.

"Sepanjang perjalanan, petugas juga akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh secara berkala," jelas Eva Chairunisa.

Baca juga: Pria di Nanggewer, Kabupaten Bogor, Ditemukan Tewas, Petugas Lakukan Evakuasi dengan APD Lengkap

PT KAI juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang untuk penerapan protokol kesehatan, seperti penambanan perangkat cuci tangan dan sanitizer serta pemasangan tanda batas jarak fisik baik di Stasiun dan Kereta

Untuk informasi jadwal perjalanan KA secara lengkap dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_.

Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved