Breaking News:

Selain Melawan Arus dan Tak Pakai Helm, Operasi Zebra di Tangsel Juga Sasar Motor Knalpot Bising

Pertama melawan arus, yang kedua tidak memakai helm, dan yang ketiga adalah stopline, keempat rotator dan yang terakhir melintas di bahu jalan,

Wartakotalive.com/Rizki Amana
Personel Satuan Lalu Lintas Polres Tangsel saat melakukan penindakan preventif di kawasan Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangsel, Senin (26/10/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL --- Pihak Satuan Lalu Lintas Polres Tangerang Selatan menggelar Operasi Zebra 2020.

Bukan cuma menilang pengendara yang melawan arus, yang tidak memakai helm, dan melanggar stopline, polisi lalu lintas juga akan memberikan sanksi tilang kepada pengendara motor dengan knalpot bising.

"Penindakan ini persentasenya sebanyak 20 persen dengan beberapa prioritas. Pertama, adalah melawan arus, yang kedua tidak memakai helm, dan yang ketiga adalah stopline, keempat rotator dan yang terakhir melintas di bahu jalan," ungkap Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tangsel, AKP Bayu Marfiando saat ditemui di kawasan Alam Sutera, Serpong Utara, Senin (26/10/2020).

Selain itu, kata Bayu, juga ada beberapa tambahan yaitu terkait dengan kebisingan kendaraan bermotor atau knalpot.

"Di sini kami juga sudah menyediakan alat pengukur kebisingan knalpot dan juga pengukur kecepatan, yang selama ini memang kami belum punya," ucapnya.

Di hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra 2020 pada Senin (26/10/2020), pihak kepolisian, kata Bayu, belum memberikan sanksi tilang kepada setiap pengendara yang melanggar.

"Pelaksanaan Operasi Zebra kali ini terbilang berbeda karena dalam situasi pandemi, jadi kami akan memprioritaskan untuk kegiatan preventif dan premtif. Hal ini terkait masalah potensi penyebaran atau mengurangi ancaman penyebaran dari virus corona," papar Bayu Marfiando.

"Oleh karena itu kegiatan di Alam Sutera kami melakukan sosialisasi atau pembinaan penyuluhan kepada pengguna jalan, membagikan brosur, mengingatkan pengguna jalan dengan spanduk ataupun plang yang sudah kami sediakan," tuturnya lagi.

Kendati tanpa penindakan saat pelaksanaan pertamanya, Bayu memastikan Operasi Zebra di hari kedua bakal diberlakukan sanksi tilang.

Diketahui, Operasi Zebra tahun 2020 bakal serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia terhitung sejak tanggal 26 Oktober 2020 hingga 8 November 2020.

Baca juga: Terapkan WFH dan Perketat Protokol Kesehatan di Kantor Dua Jurus PDAM TB Putus Mata Rantai Covid-19

Penulis: Rizki Amana
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved