Breaking News:

Kabar Tangsel

Berkat Upaya Keras Tingkat Kesembuhan Pasien Virus Corona Makin Banyak di Tangsel

Upaya keras yang dilakukan Pemerintah Kota (pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akhirnya menuai hasil.

Wartakotalive.com/Rizki Amana
Gedung RLC Kota Tangsel yang berada di kawasan Tandon Ciater, Serpong, Kota Tangsel 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Upaya keras yang dilakukan Pemerintah Kota (pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akhirnya menuai hasil. Tingkat kesembuhan penderita virus corona makin banyak.

Demikian yang diungkapkan oleh Koordinator Rumah Lawan Covid-19 (RLC) Kota Tangsel, Suhara Manullang, Jumat (16/10/2020).

Menurutnya, RLC Kota Tangsel telah merawat 656 orang penderita virus corona sejak pertengahan bulan April 2020 lalu. 

Satu keluarga dinyatakan sembuh dari infeksi covid-19 usai menjalani isolasi dan perawatan medis di RLC Kota Tangsel
Satu keluarga dinyatakan sembuh dari infeksi covid-19 usai menjalani isolasi dan perawatan medis di RLC Kota Tangsel (Warta Kota/Rizki Amana)

Ternyata, dari jumlah tersebut ada 570 pasien yang sudah sembuh, sisanya masih menjalani masa isolasi dan perawatan medis. 

"Perlu disampaikan juga sampai saat ini RLC Kota Tangsel sudah merawat 656 pasien, dan yang sudah pulang 570 orang," kata Suhara saat ditemui di RLC Kota Tangsel, Serpong.

Suhara menuturkan, ratusan orang yang telah sembuh dan telah pulang itu mendapati perawatan dan isolasi lima hingga empat belas hari ke depan. 

Satgas Covid-19 memperkenalkan gerakan 3 W yaitu Wajib Iman, Wajib Aman, Wajib Imun,  demi menghindari Covid-19.
Satgas Covid-19 memperkenalkan gerakan 3 W yaitu Wajib Iman, Wajib Aman, Wajib Imun, demi menghindari Covid-19. (Satgas Covid-19)

Menurutnya, masa waktu pasien menjalani masa perawatan dan isolasinya itu dilihat berdasarkan perkembangan imunitas tubuh maupun diagnosa per orang tersebut. 

Hingga para pasien itu bakal dinyatakan sembuh ataupun melanjutkan perawatan medis secara intensif bila dibutuhkan. 

"Kami merujuk ke RSU Tangerang Selatan untuk memeriksa rontgen paru-paru dan pemerintahan darah lengkap,” katanya.

Pelaksanaan hari pertama PSBB di wilayah Tangerang Raya yang meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, berlangsung serentak, Sabyu (18/4/2020). Tangerang Raya mulai memberlakukan aturan PSBB menyusul daerah penyangga ibukota lainnya seperti Bogor, Depok dan Bekasi, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.
Pelaksanaan hari pertama PSBB di wilayah Tangerang Raya yang meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, berlangsung serentak, Sabyu (18/4/2020). Tangerang Raya mulai memberlakukan aturan PSBB menyusul daerah penyangga ibukota lainnya seperti Bogor, Depok dan Bekasi, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. (Wartakotalive/Nur Ichsan)

“Nah dari sana kan dokter konsultan kami di RSU akan memutuskan apakah yang bersangkutan masih bisa di karantina di RLC atau dialih rawat ke RSU atau rumah sakit lain," jelasnya. 

Adapun saat ini RLC Kota Tangsel masih mencatat puluhan orang yang menjalani masa perawatan dan isolasinya. 

"Jadi untuk hari ini yang dirawat di Rumah Lawan Covid berjumlah 61 orang," pungkasnya.

Penulis: Rizki Amana
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved