Breaking News:

Advertorial

Persamaan Osteoporosis dengan Tembok Keropos

Osteoporosis itu adalah pengurangan massa dan densitas tulang sehingga tulang jadi rapuh. Gampangnya, osteoporosis itu pengeroposan tulang.

Istimewa
Kola Go, produk minuman serbuk yang mengandung kolagen halal dalam jumlah besar. Kolagen bermanfaat untuk membantu tubuh meningkatkan kepadatan tulang dengan cara meregenerasi tulang rawan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Osteoporosis terkadang menjadi momok bagi sebagian orang, terutama wanita. Tapi, apa sih osteoporosis itu? 

Osteoporosis itu adalah pengurangan massa dan densitas tulang sehingga tulang jadi rapuh. Gampangnya, osteoporosis itu pengeroposan tulang. Apa penyebabnya? Tidak seimbangnya laju kerusakan sel tulang dengan laju regenerasinya, sehingga terjadi penurunan massa dan densitas tulang itu, yakni sekitar 1,5 persen per tahun. Dan ini bisa terjadi sejak kita berusia 35 tahun.

Apa ciri-cirinya? (1) Pada uji urine, ada asam amino kolagen yang terbuang, (2) Tulang terasa melemah dan pada kondisi parah bisa mengecil, (3) Densitas tulang mulai menurun, (4) Tulang belakang makin bungkuk dari waktu ke waktu, (5) Tulang mudah mengalami fraktur dan patah.

Namun, bukan berarti kaum pria masuk zona aman. Bagaimana kita bisa mencegahnya? Hindari konsumsi makanan yang bersifat asam, hindari stres dan temperamen tinggi karena hal ini mengakibatkan darah bersifat asam, konsumsi kalsium dengan cukup (usahakan dari makanan), dan berolahraga dengan teratur. 

Lalu, untuk menunjangnya, konsumsi nutrisi kolagen yang bersifat alami (nonsintetis) secara teratur. Begitu juga kalsium dan fosfor.

By the way, apa sih kolagen itu? Kolagen sudah ada dengan sendirinya di dalam tubuh. Sebab, kolagen merupakan jenis protein yang banyak ditemui dalam jaringan ikat, yang paling banyak pada kulit, tulang rawan, tendon, dan ligamen.

Meida Sefira – Aktris ‘Ketika Cinta Bertasbih’ dengan Kola Go, produk minuman serbuk yang mengandung kolagen halal dalam jumlah besar. Kolagen bermanfaat untuk membantu tubuh meningkatkan kepadatan tulang dengan cara meregenerasi tulang rawan.
Meida Sefira – Aktris ‘Ketika Cinta Bertasbih’ dengan Kola Go, produk minuman serbuk yang mengandung kolagen halal dalam jumlah besar. Kolagen bermanfaat untuk membantu tubuh meningkatkan kepadatan tulang dengan cara meregenerasi tulang rawan. (Istimewa)

Sayangnya, produksinya berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Sehingga, sangat penting bagi tubuh memperbanyak asupan makanan yang mengadung kadar kolagen tinggi. Mengapa? Karena, memperbanyak asupan kolagen akan merangsang pertumbuhan sel-sel baru sebagai pengganti sel yang sudah rusak.

Tapi, kolagen saja tidak cukup. Ibarat tembok, semen saja tidak cukup. Begitu juga pasir atau batu bata saja. Harus ada keserasian antara semen, batu bata, dan pasir.

Nah, pada tulang, semennya itu adalah kolagen, sedangkan batu bata dan pasirnya adalah fosfor dan kalsium. Jadi, untuk membuat tulang Anda sehat dan kuat, selain kolagen Anda juga butuh asupan fosfor dan kalsium.

Banyak produk berbasiskan kolagen yang ditawarkan. Namun, sekitar 80 persen di antaranya berasal dari luar negeri, dan banyak pula yang berbahan baku sintetis. Tentu kehalalan dan keamanannya untuk dikonsumsi jangka panjang diragukan. 

Berbeda dengan Kola Go. Ini adalah minuman yang mengandung kolagen halal. Selain kolagen, Kola Go juga mengandung whey, serbuk cokelat, mineral alga, dan fiber, yang semuanya alami.

Whey juga mengandung kolagen. Sedangkan mineral yang terdapat dalam alga di antaranya adalah fosfor dan kalsium.

Kini, produk ini sudah bisa Anda dapatkan di apotek, toko obat, dan outlet lainnya di kota Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi IG @kolago.co.id dan FB @kesehatan sendi dan tulang. (*)

Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved