Aksi KKB Papua

Anggota KKB Papua Egianus Kogoya Ditipu dan Kembali ke NKRI, Janji Diberi Banyak Uang tapi Kelaparan

Banyak cara Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya merekrut anggotanya, salah satunya dengan janji diberi banyak uang

Editor: Andy Pribadi
Istimewa
Egianus Kogoya dan anggota KKB Papua. KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya merekrut anggotanya, salah satunya dengan cara janji-janji diberi banyak uang. 

WARTAKOTALIVE.COM, PALMERAH - Banyak cara Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya merekrut anggotanya, salah satunya dengan janji-janji diberi banyak uang.

Keadaan itulah yang membuat pemuda Tenius Tebuni tergiur hingga mendaftar menjadi anggota KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Namun di balik itu, seperti diungkap Tenius Tebuni, janji diberi banyak uang hanya omong kosong atau tak pernah terjadi, hingga ia memutuskan kembali ke NKRI

Mantan anggota KKB Papua bernama Tenius Tebuni itu kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Jumat (2/10/2020).

Berikut rangkuman pengakuan Tenius Tebuni tentang KKB Papua dilansir dari Kompas TV dalam artikel 'Pengakuan Eks KKB yang Serahkan Diri: Ditipu Dijanjikan Diberi Banyak Uang, Faktanya Malah Kelaparan'

1. Ditipu

Tenius Tebuni mengungkapkan alasan dirinya mau bergabung dengan KKB Papua ketika itu karena dijanjikan kehidupan serba mudah.

Segala kebutuhan hidupnya, kata dia, akan dipenuhi, termasuk juga diberikan banyak uang. Namun, seiring berjalannya waktu, dia sadar telah ditipu.

"Sering kelaparan di dalam hutan, karena kekurangan logistik.

Ditambah KKB Papua tidak solid selalu terpecah-pecah dan bergerak sendiri-sendiri," kata Tenius Tabuni.

2. Menyakiti masyarakat

Tak hanya itu, Tenius Tabuni mengaku selalu bertentangan dengan hati nuraninya selama bergabung dengan kelompok Rambo Lokbere yang dipimpin Egianus Kogoya.

Batinnya menjerit ketika KKB Papua kerap menyakiti masyarakat yang menolak membantunya.

Halaman
1234
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved