Breaking News:

Berita Karawang

Dinkes Sebut Banyak Perusahaan di Karawang yang Tutupi Kasus Covid-19

Kejujuran merupakan kunci terpenting dalam penanganan covid-19. Jika kasus tersebut dapat diketahui tentu upaya penanganan akan lebih cepat.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Simbol warga cinta Pemerintah Kabupaten Karawang jadi pembatas jalan 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menemukan adanya perusahaan yang menutupi temuan kasus covid-19 dan tidak melaporkan kepada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karawang.

Oleh sebab itu, kasus covid-19 di kluster Industri mengalami kenaikan. Tak hanya ketidak terbukaan informasi ini, banyak perusahaan yang tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kami berharap tidak ada lagi perusahaan yang menutupi. Banyak yang kontak erat di tutupi," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Nanik Jodjana, Jumat (2/10/2020).

Padahal menurut Nanik, kejujuran merupakan kunci terpenting dalam suatu penanganan covid-19. Jika kasus tersebut dapat diketahui maka tentu upaya penanganan akan lebih cepat dan tidak menyebar lebih luas lagi.

Selain itu, Nanik juga meminta kepada perusahaan agar tidak membiarkan karyawan yang terpapar Covid-19 untuk melakukan perjalanan ke luar kota dengan dalih melemparkan perawatan di wilayahnya masing-masing.

Saat ini, fasilitas kesehatan di Kabupaten Karawang masih mencukupi yaitu tersedia sebanyak 359 tempat tidur untuk pasien. Sedangkan saat ini jumlah yang dalam perawatan sebanyak 213 pasien.

"Untuk itu kami minta lebih baik di Rawat di Karawang saja," katanya.

Pemkot Tangerang Berniat Buka Layanan Isolasi Mandiri di Hotel Bagi Pasien Baru Covid-19

Peran Tokoh Agama dan Ormas Keagamaan Diperlukan Dalam Penanganan Covid-19

Sementara itu, Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Karawang tengah fokus melakukan testing, tracing, dan treatment. Meski saat ini angkat tracing belum mencapai target WHO.

"Saat Karawang menjadi sorotan terutama kluster Industri. Bahkan data kemarin ada penambahan sebanyak 12 orang positif Covid-19," kata Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karawang, Fitra Hergyana.

Selain itu saat ini ada kendala dalam proses tracing, dimana banyak resistensi masyarakat di lapangan akibat adanya stigma negatif dari masyarakat terhadap pasien Covid-19.

"Ini yang harus di hindari. Diperbanyak adanya berita hoax yang menghilangkan rasa percaya pasien yang menjadi subjek tracing," ucapnya. (JOS).

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved