Breaking News:

Berita Nasional

Mengapa Ahok Minta Kementerian BUMN Dibubarkan? Direktur Diganti Tanpa Memberi Tahu Dirinya

Ahok mengusulkan agar Kementerian BUMN dibubarkan saja. Menurut dia, banyak tata kelola perusahaan negara selama ini tidak efisien.

dok: Biro Pers Istana
Presiden Jokowi dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat kunjungi kilang Pertamina. Ahok kini mulai muncul karakternya, ia ungkap borok Pertamina bahkan usul Kementrian BUMN dibubarkan. 

WARTAKOTALIVE.COM, PERTAMINA -- Lama tak terdengar karakter lamanya yang suka blak-blakan, belakangan karakter itu muncul lagi saat menjabat Komisaris Pertamina.

Bahkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengusulkan agar Kementerian BUMN dibubarkan saja.

Menurut dia, banyak tata kelola perusahaan negara selama ini tidak efisien.

Ahok blak-blakan tentang masih carut marutnya kondisi Pertamina. Ia mengaku sempat emosi saat rapat di BUMN terbesar di Indonesia itu.
Ahok blak-blakan tentang masih carut marutnya kondisi Pertamina. Ia mengaku sempat emosi saat rapat di BUMN terbesar di Indonesia itu. (Youtube Poin)

Pria yang kini akrab disapa BTP ini menuturkan, tata kelola yang buruk ini juga dirasakannya langsung setelah masuk dalam lingkaran BUMN, atau setelah ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Pasangan Kompol Fahrul Sudiana-Rica Andriani Segera Punya Momongan, Dulu Resepsinya Bikin Heboh

Pemkab Tangerang Tutup Sementara Perusahaan yang Pegawainya Positif Corona

Dia mengusulkan, ratusan BUMN yang ada saat ini lebih baik dikelola dengan benar-benar profesional dan jauh dari kepentingan politis.

Indonesia bisa meniru apa yang dilakukan pemerintah Singapura dengan membentuk Temasek.

"Harusnya Kementerian BUMN dibubarkan. Kita membangun semacam Temasek, semacam Indonesia Incorporation," ucap Ahok seperti dikutip dari tayangan yang diunggah akun Youtube POIN dilihat pada Rabu (16/9/2020).

Dia mencontohkan, di Pertamina saja, jabatan direksi maupun komisaris sangat kental dengan lobi-lobi politis dan bagi-bagi jabatan.

"Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian," kata Ahok.

Pulang ke Indonesia Setelah Lama Berkarir di Dubai, Swerte Gandeng Freek dan Syakoji Nyanyikan Esso

Ahok mengklaim, dirinya juga tak hanya duduk manis saja dengan jabatan Komut Pertamina.

Halaman
1234
Editor: Wito Karyono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved