UMKM

Bantu UMKM Go Digital, GoBiz Luncurkan Fitur Daftar Mandiri, Simak Cara Daftarnya di Sini

Di aplikasi GoBiz, mitra UMKM bisa memilih layanan atau fitur ekosistem Gojek yang dibutuhkan: GoPay, GoFood, dan POS untuk menajemen operasional.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Fred Mahatma TIS
Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung menjelaskan cara Daftar Mandiri di aplikasi GoBiz saat konferensi pers virtual, Selasa (15/9/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gojek resmi meluncurkan inovasi terbaru dari GoBiz, yaitu Daftar Mandiri, pada Selasa (15/9/2020).

Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung mengatakan, di aplikasi GoBiz, mitra usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa langsung mendaftarkan usaha mereka di aplikasi GoBiz.

Di aplikasi GoBiz, mitra UMKM bisa memilih layanan atau fitur ekosistem Gojek yang dibutuhkan, yaitu GoPay, GoFood, dan POS untuk menajemen operasional.

“Dari aplikasi GoBiz, mitra usaha bisa pilih mau ketiganya langsung didaftarkan boleh atau mau GoFoodnya dulu juga boleh, atau POS nya dulu boleh atau GoPaynya dulu juga boleh,” ujar Novi saat konferensi pers virtual peluncuran Daftar Mandiri di aplikasi GoBiz, Selasa (15/9/2020).

Pulihkan UMKM Ibukota, Pemerintah Pusat Kucurkan Kredit Khusus UMKM Jakpreneur

Bank DKI Kucurkan Kredit untuk Bantu Pulihkan UMKM Jakarta, Pelaku UMKM Diminta Maksimalkan

Caranya

Novi menjelaskan bahwa proses Daftar Mandiri di aplikasi GoBiz, sangatlah mudah.

Mitra UMKM hanya perlu melakukan tiga tahap, yaitu registrasi, verifikasi, dan aktivasi.

Registrasi yakni unduh aplikasi GoBiz di Google Playstore untuk smartphone berbasis android, kemudian isi informasi terkait data pribadi dan data usaha berupa identitas pemilik usaha, informasi rekening bank, informasi usaha, informasi outlet, dan pilihan layanan.

“Semua data yang kami minta adalah data esensial untuk berjualan. Misalnya KTP untuk kita tahu pemilik usahanya siapa, lalu informasi rekening untuk bisa mengirimkan uangnya, kemudian informasi usaha untuk kepentingan regulasi, legal dan untuk memberikan informasi ke konsumen," jelas Novi.

"Terakhir, informasi outlet tentunya sangat perlu agar kita tahu lokasi usahanya di mana dan supaya driver (Gojek) bisa datang atau konsumen bisa datang (ke lokasi usaha),” jelas Novi.

Tiga Kandidat Balon Wakil Wali Kota Tangsel Ini Berikan Kiat-kiat buat UMKM di Tengah Pandemi Covid

Lapak Ganjar Promosikan Kopi Hasil Olahan Petani dan Pelaku UMKM Jawa Tengah

Verifikasi 2 hari

Setelah semua informasi data pribadi dan data usaha diisi, maka tahap selanjutnya adalah verifikasi.

Menurut Novi, semua informasi data yang telah diisi saat registrasi akan menjadi input untuk proses verifikasi.

Adapun proses verifikasi ini memakan waktu dua hari kerja.

“Kenapa harus diverifikasi? karena Gojek melayani tiga ekosistem (konsumen, mitra driver dan mitra usaha), semua ekosistem ini perlu kita jaga agar semuanya kondusif dan saling mendukung," paparnya.

"Proses verifikasi ini juga sebagai salah satu proses kita untuk memverifikasi keaslian niat dan kualitas produk dari UMKM tersebut,” ujar Novi lagi.

8 Menit, 25.000 Unit Xiaomi Redmi 9C Ludes Terjual, Ini Spesifikasi Lengkap yang Bikin Laris Manis

Ini Deretan Fitur Canggih Samsung Galaxy Note 20 Series, Bekerja Jadi Lebih Mudah Ngevlog Lebih Oke

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved