Breaking News:

Viral Medsos

Trending di Twitter Tagar Boikot RCTI, Begini Kronologi Pengajuan Gugatan yang Bikin Marah Warganet

Trending topik di twitter Sabtu (29/8/2020) masih didominasi dengan hastag RCTI, kali ini netizen menggunakan tagar #boikot RCTI.

Editor: Dian Anditya Mutiara
Kompas.com
Gugatan RCTI ke Mahkamah Konstitusi soal UU Penyiaran jadi trending topik, Sabtu (29/8/2020), apa penyebabnya? 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Trending topik di twitter Sabtu (29/8/2020) masih didominasi dengan hastag RCTI, kali ini netizen menggunakan tagar #boikot RCTI.

Pantauan Wartakotalive.com pagi ini sudah sebanyak 16.600 cuitan dengan tagar boikot RCTI

Seorang netizen menampilkan kutipan berita dari salah satu media online yang mengatakan bahwa RCTI mengatakan tak akan menghambat kreativitas netizen di Youtube dan aneka macam media sosial tetapi untuk moral bangsa.

Ada juga warga net yang menampilkan cuplikan video lomba makan mirip dengan lomba makan krupuk, "apakah ini disebut moral?"

Jika Gugatan RCTI Dikabulkan, Banyak Platform Media Sosial Ikut Terseret dan Ketidakpastian Hukum

Ada pula yang menampilkan meme Dirut MNC Grup Hary Tanoesudibyo yang menggunakan tangan Tanos dan ada juga meme pegang pistol pakai tulisan logut media sosial dan tonton kami. 

Dikutip dari Kompas.com, PT Visi Citra Mitra Mulia (iNews TV) dan PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) menggugat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dua perusahaan media itu mengajukan uji materi soal UU Penyiaran dan menilai Pasal 1 angka 2 UU Penyiaran menyebabkan perlakuan berbeda antara penyelenggara penyiaran konvensional yang menggunakan frekuensi radio dengan penyelenggara penyiaran over the top ( OTT) yang menggunakan internet, seperti YouTube dan Netflix.

Apabila gugatan itu dikabulkan, masyarakat baik perorangan maupun badan usaha, terancam tidak leluasa menggunakan media sosial, seperti YouTube , Instagram, Facebook dkk, untuk melakukan siaran langsung (live).

RCTI Masih Trending, Pemerintah Tak Setuju dengan Gugatan RCTI, Netizen Ancam Boikot Hingga Demo

Namun, bagaimana sebenarnya kronologi gugatan ini?

Mengapa RCTI dan iNewsTV mengajukan gugatan?

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved