Breaking News:

Tumpahan Minyak Mentah Cemari Perairan dan Pantai Pulau Pari

Sejumlah titik di perairan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu tercemar akibat tumpahan minyak mentah.

istimewa
Tumpahan minyak mentah mencemari perairan Pulau Pari. Belum diketahui darimana tumpahan minyak itu berasal. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejumlah titik di perairan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu tercemar akibat tumpahan minyak mentah.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi Hartono mengatakan tumpahan minyak tersebut mencemari sejumlah titik di perairan Pulau Pari.

Menurut Djoko pencemaran akibat tumpahan minyak yang terjadi di Pulau Pari bervariasi di setiap lokasinya dimana hampir seluruh wilayah mengalami permasalahan tersebut.

Warga Antre Buat Rekening Uang Kompensasi Tumpahan Minyak Pertamina di Muara Gembong

“Di zona timur Pulau Pari ada empat titik, kurang lebih satu kilometer kemudian zona barat empat titik juga, kurang lebih satu kilometer,” kata Djoko, Selasa (11/8/2020).

“Zona tengah itu ada tiga titik dengan kondisinya berada di tengah pelabuhan hampir dua kilometer di Tanjung Rengge hingga Pantai Bintang itu dua kilometer,” sambungnya.

Pencemaran akibat tumpahan minyak tersebut dipastikan tidak hanya terjadi di Pulau Pari saja tapi juga di pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu dengan jumlah yang lebih sedikit.

Ribuan Petambak dan Nelayan yang Terdampak Tumpahan Minyak Minta Ganti Rugi Segera Dibayarkan

“Pertama kali malah ditemui di Pulau Untung Jawa. Cuma memang nggak separah yang di Pari. Jadi Untung Jawa sama Tidung itu ada spot-spot gitu, tapi nggak begitu banyak,” ujar Djoko.

Menurut Djoko, saat ini pihaknya bersama dengan Pertamina sedang berusaha untuk membersihkan tumpahan minyak tersebut.

“Ini lagi dibantu teman-teman Pertamina, karena itu kan ada indikasi minyak atau oli. Yang tahu persis dalam penanganan minyak atau oli kan teman-teman Pertamina,” tutur Djoko. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved