Ribuan Petambak dan Nelayan yang Terdampak Tumpahan Minyak Minta Ganti Rugi Segera Dibayarkan

Adapun untuk besaran kompensasi atau ganti rugi itu, Junaefi mengaku belum mengetahuinya. Namun dipastikan berbentuk uang tunai.

Ribuan Petambak dan Nelayan yang Terdampak Tumpahan Minyak Minta Ganti Rugi Segera Dibayarkan
Warta Kota/Muhammad Azzam
Camat Muara Gembong, Junaefi mengatakan, pihak Pertamina telah berjanji akan mengganti rugi atas semua kerugian yang terjadi akibat tumpahan minyak tersebut. 

Imbas tumpahan minyak Pertamina akibat kebocoran di sekitar anjungan Lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) di perairan Karawang, pada Minggu 21 Juli 2019 lalu, juga dirasakan ribuan petambak dan nelayan di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Nur Ali, salah satu nelayan Muara Gembong berharap tumpahan minyak benar-benar hilang. Agar para nelayan bisa beraktifitas normal dan kembali mendapatkan ikan banyak.

“Semoga cepat hilang tumpahan minyak itu, biar ikannya banyak lagi. Terus ganti ruginya cepat dibayarkan ke kami,” ucapnya ditemui Warta Kota, Jumat (30/8/2019) kepada Wartakotalive.com.

Ia mengaku semenjak ada tumpahan minyak, hasil tangkapannya menurun 90 persen.

“Tiap kali melaut, biasanya bisa mendapatkan 6-7 kilogram ikan, udang, hingga ranjungan. Sekarang jadi turun hanya 1 kilogram saja,” ucap dia.

Tentunya kondisi itu, kata Nur Ali membuat para nelayan berkurang pendapatannya.

Sementara itu, Camat Muara Gembong, Junaefi, mengatakan, total ada 2.200 petambak dan nelayan yang terdampak tumpahan minyak. Ribuan petambak dan nelayan tersebut berasal dari dua desa yakni Desa Pantai Bakti dan Pantai Bahagia.

“Untuk Desa Pantai Bakti ada 700 petambak dan nelayan sementara Desa Pantai Bahagia ada 1.500 petambak dan nelayan,” ucap Junaefi kepada Warta Kota, Jumat (30/8/2019).

Junaefi mengatakan pihak Pertamina telah berjanji akan mengganti rugi atas semua kerugian yang terjadi akibat tumpahan minyak tersebut.

Adapun untuk besaran kompensasi atau ganti rugi itu, Junaefi mengaku belum mengetahuinya. Namun dipastikan berbentuk uang tunai.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved