Breaking News:

Berita Kesehatan

Baca Label Pangan Olahan dengan Teliti Agar Manfaat Yang Didapat Sesuai Kebutuhan

ada serangkaian regulasi yang harus dipatuhi dan menjadi acuan oleh produsen, termasuk untuk label pada pangan olahan.

Penulis: | Editor: Feryanto Hadi
Nutritionexp
Daging kemasan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA Makanan dan minuman olahan sudah menjadi pelengkap menu sehari-hari.

Untuk mendapatkan nutrisi yang sesuai masing-masing orang, konsumen harus membaca label yang terdapat di kemasannya. Label makanan yang dicantumkan pihak produsen, menjadi jembatan produsen dan konsumen tentang produk tersebut.

Untuk mendorong konsumen teliti membaca dan mengetahui arti petunjuk label pada pangan olahan, Danone Indonesia bersama BPOM
bekerjasama dengan GridHealth menyelenggarakan GridHealth Talk bertema “Menjadi Konsumen Pintar Dengan Baca Label”, Jumat (7/8/2020).

Dra. Sutanti Siti Namtini, Apt., Ph.D, Direktur Standarisasi Pangan Olahan BPOM menjelaskan, pangan olahan yang diproduksi secara masal
merupakan salah satu pilihan populer keluarga karena periode penyimpanan yang panjang dan kandungan gizi yang telah sesuai dengan standar yang berlaku.

Menpora Zainudin Amali: Atlet Esports Tetap Harus Sehat dan Bugar

Pengaruh Minuman Bernutrisi Buat Pria dan Cara Konsumsinya

Ia menjelaskan, ada serangkaian regulasi yang harus dipatuhi dan menjadi acuan oleh produsen, termasuk untuk label pada pangan olahan.

Untuk itu, setiap pangan olahan termasuk produk makanan dan minuman yang dipasarkan dan telah mendapatkan izin edar dari BPOM, telah melalui serangkaian proses pemeriksaan dan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BPOM, termasuk label pangan pada produknya.

Adanya label pangan membuat konsumen mengetahui secara rinci kandungan, tanggal kadaluarsa, sampai cara penyajian, sehingga lebih mudah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi keluarga.

Label pangan mengacu pada seluruh keterangan gambar, tulisan, kombinasi keduanya, ataupun bentuk lain yang ditempelkan atau merupakan bagian dari kemasan pangan.

TNI AL Tebar Benih dan Panen Raya Perkuat Ketahanan Pangan

Bukan Antivirus, Izin Edar Kalung Eucalyptus dari BPOM Masuk Kategori Jamu

Contohnya, sebuah pangan olahan wajib mencantumkan keterangan seperti nama dagang atau nama produk, komposisi, berat bersih, nama dan alamat produsen, nomor izin edar; maupun hal lain terkait cara penyajian, keterangan kadaluarsa, informasi nilai gizi, cara
penyiapan hingga logo halal bagi produk yang dipersyaratkan.

Sutanti menegaskan, label pada pangan olahan merupakan hal penting yang dapat menjembatani pertukaran informasi antara produsen kepada konsumen.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved