Breaking News:

Virus Corona

Ribuan Orang Jerman Demo Tolak Aturan Pembatasan Masa Pandemi Virus Corona

Massa penolak pembatasan sosial itu sebagian besar tidak memakai masker, dan tidak mematuhi aturan jaga jarak yang masih diberlakukan pemerintah

Reuters/Aljazeera.com
Para pendemo di Berlin Jerman menolak pembatasan pada masa pandemi virus corona, Sabtu, 1 Agustus 2020 

Wartakotalive, Jakarta - Ribuan orang Jerman melakukan unjuk rasa di Ibu Kota Berlin, menolak semua pembatasan yang dibuat pemerintah untuk mengatasi pandemi virus corona.

Para pendemo berkumpul di pusat Kota Berlin, Sabtu, 1 Agustus 2020, yang di sekitarnya banyak kantor pemerintahan dan kantor bisnis.

Massa merupakan campuran dari beragam aliran. Ada kelompok ekstrem kanan yang membawa bendera hitam, putih dan merah, yang merupakan bendera zaman kerajaan.

Ada pula kelompok yang mempercayai teori konspirasi, ada pula kelompok penolak vaksinasi.

Namun, suara mereka menyatu pada isu bahwa pembatasan sosial, dan kewajiban memakai masker telah merampas hak dan kebebasan mereka.

Poster-poster yang dibawa dan teriakan yang mereka suarakan mengemuka pada "kebebasan", "lawan", dan "konspirasi virus pandemi".

Panitia demo semula sesumbar akan mampu mengumpulkan massa setengah juta orang, namun kepolisian menaksir yang datang demo sekitar 17.000 orang.

Aksi demo tersebut mendapat kontra dari kelompok pendemo lain, yang jumlahnya jauh lebih sedikit.

Massa penolak pembatasan sosial itu sebagian besar tidak memakai masker, dan tidak mematuhi aturan jaga jarak yang masih diberlakukan pemerintah.

Polisi akhirnya membubarkan demo tersebut setelah berulang-ulang memerintahkan pendemo menjaga jarak 1,5 meter, dan setelah memastikan panitia demo tidak mampu mematuhi aturan kesehatan, dan keselamatan.

Massa pendemo di pusat Kota Berlin Jerman menolak pembatasan masa pandemi corona
Massa pendemo di pusat Kota Berlin Jerman menolak pembatasan masa pandemi corona (AP/Aljazeera.com)
Halaman
12
Penulis: Bambang Putranto
Editor: Bambang Putranto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved