Breaking News:

Idul Adha

Ada Temuan Cacing Hati, Petugas Musnahkan Belasan Kilogram Jeroan Hewan Kurban

Cacing hati itu ditemukan di hati kambing dan sapi yang memiliki berat total 11,5 kilogram. Atas temuan itu petugas memusnahkan hati sapi dan kambing.

Sudin KPKP Kepulauan Seribu
Pemeriksaan hewan kurban di Kepulauan Seribu. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu memusnahkan belasan kilogram jeroan hewan kurban. Pemusnahan itu dilakukan petugas mendapati kasus cacing hati pada hewan kurban.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu Guyantoro mengatakan di tahun ini Kepulauan Seribu menyembelih 48 ekor sapi, 64 ekor kambing, dan 132 ekor domba. Penyembelihan ratusan hewan kurban itu juga dibarengi dengan pemeriksaan postmortem.

Teladani Keluarga Nabi Ibrahim, Legislator Anis Byarwati Kurban 23 Kambing Boer dan 4 Sapi

Tiga Residivis Begal Berkomplot Lagi, Kali Ini Ditangkap Kawanan Polisi Beserta Alat Hisap Sabu

Dalam pemeriksaan itu ditemukan beberapa kasus seperti cacing hati di jeroan hewan kurban. “Kami temukan cacing hati pada delapan ekor sapi dan satu ekor kambing,” kata Guyantoro, Minggu (2/8/2020).

Cacing hati itu ditemukan di hati kambing dan sapi yang memiliki berat total 11,5 kilogram. Atas temuan itu petugas memusnahkan hati sapi dan kambing yang terdapat cacing hati.

Selain cacing hati, ditemukan juga kasus radang paru-paru pada satu ekor sapi dan satu ekor kambing. “Pada kasus radang paru-paru, telah dimusnahkan paru-paru hewan kurban sebanyak dua kilogram,” ucap Guyantoro.

Dalam pemeriksaan hewan kurban tahun ini, pihak Sudin KPKP Kepulauan Seribu bekerja sama dengan tenaga pemeriksa dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jakarta sebanyak enam orang dan Dinas KPKP DKI Jakarta sebanyak satu orang.

Calon Pelanggan PDAM Tirta Asasta Harus Siapkan Persyaratan Ini Jika Ingin Dapat Diskon 50 Persen

Tiga Parpol Ini Akhirnya Dukung Koalisi Gerindra-PDI Perjuangan untuk Menangkan Pradi dan Afifah

Sementara, sebelumnya petugas Suku Dinas KPKP Jakarta Utara telah memeriksa 877 hewan kurban yang terdiri dari 265 ekor sapi, 547 ekor kambing, 58 ekor domba, dan tujuh ekor kerbau.

Hasil pemeriksaan didapati adanya jeroan kurban yang dinyatakan afkir karena dianggap tidak layak konsumsi. Sehingga harus dimusnahkan. “Afkir maksudnya pemusnahan daging atau organ yang tidak layak konsumsi dengan cara tertentu,” kata Unang.

“Hasil pemeriksaan organ yang diafkir totalnya ada 19,5 kilogram. Afkir itu biasanya jeroan yang tidak layak konsumsi,” ujar Unang, akhir pekan kemarin. Unang menambahkan organ atau jeroan yang dianggap tidak layak konsumsi tersebut terdiri dari 5,5 kilogram hati, 3 kilogram jantung, 6,75 kilogram paru, dan 4,25 kilogram limpa.

Penulis: Desy Selviany
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved