Breaking News:

Virus Corona

PULUHAN Pasien Covid-19 Berangsur Sembuh dan Boleh Pulang Setelah Konsumsi Jus Mengkudu C-19

Setelah mendapat suplai dan rutin mengkonsumsi minuman herbal Trasdar Jus C-19 yang dibuat dari mengkudu, puluhan pasien Covid-19 sembuh.

ANTARA/Darwin Fatir/aa.
Pembuat minuman herbal sari pati buah mengkudu, Trasdar C-19, Iwan Paturusi, menunjukkan produk yang siap didistribusikan bagi pasien Covid-19 di rumah produksinya, jalan Melati, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

WARTAKOTALIVE.COM, MAKASSAR - Puluhan pasien Coronavirus Disease (Covid-19) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dinyatakan berangsur-angsur sembuh setelah mendapat suplai dan rutin mengkonsumsi minuman herbal Trasdar Jus C-19 yang dibuat dari olahan sari pati buah mengkudu.

"Awalnya saya tidak percaya kalau jus itu membantu melawan Corona atau menyembuhkan. Tapi setelah diberitahu keluarga kalau banyak pasien sembuh dan dipulangkan dari ruang isolasi RSUD Labuang Baji setelah minum jus itu," tutur Andi Rezky saat dihubungi, Kamis (23/7/2020).

Setelah mendapatkan informasi, kata dia, sebagai pasien positif tentu berharap bisa segera sembuh.

Ia lantas memutuskan mengkonsumsi jus herbal tersebut yang didapatkan gratis.

Selanjutnya, dia rutin meminumnya agar bisa beraktivitas kembali dan keluar dari ruang isolasi.

"Saya akhirnya mulai minum dengan rajin, yang paling penting khasiatnya memberikan harapan untuk sembuh. Alhamdulillah, dengan mengikuti petunjuk dokter, dan rajin minum jus C-19 selama dua pekan, saya pun dinyatakan negatif (sembuh) lalu bisa pulang," ucapnya.

Di tempat terpisah, pembuat sari mengkudu Trasdar Jus C-19, Irwan Paturusi, ditemui di rumah produksinya jalan Melati nomor 3, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, mengatakan, jus ini bukan obat, tapi bisa membantu mempercepat proses pemulihan kesehatan tubuh bagi pasien positif.

"Herbal ini dinamai Trasdar Jus C-19. Arti Trasdar adalah Tradisional Makassar, sementara C-19, Covid-19. Seluruh proses pembuatan jus ini alami tanpa bahan pengawet, dan ini bukan obat," ujar Irwan.

Adik kandung mantan Rektor Unhas Makassar, Idrus Paturusi itu menjelaskan, pembuatan jus tersebut berawal dari resep orang tua dahulu menjadikan buah mengkudu sebagai ramuan tradisional dan digunakan sejak puluhan tahun lalu.

Tidak hanya itu, buah mengkudu dipercaya mengobati berbagai penyakit seperti kolesterol, asma, TBC, asam urat, penambah nafsu makan, menghilangkan bau badan dan beberapa penyakit lainnya.

Halaman
123
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved