Sepak Bola

Sesama Suporter Jakarta Sering Terlibat Bentrok, Eks Ketum Jakmania Upayakan Damai dengan NJ Mania

Mantan Ketua Umum The Jakmania, Richard Achmad Supriyanto menceritakan awal mula terjadinya perselisihan antara The Jakmania dengan NJ Mania.

Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Max Agung Pribadi
Super Ball
Mantan Ketua Umum The Jakmania, Richard Achmad Suproyanto akan berbagi cerita dan pengalaman bersama Super Ball, pada Rabu (15/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Mantan Ketua Umum The Jakmania, Richard Achmad Supriyanto menceritakan awal mula terjadinya perselisihan antara The Jakmania dengan suporter NJ Mania (North Jakarta Mania).

NJ Mania merupakan julukan dari suporter tim asal Jakarta lainnya yakni Persitara Jakarta Utara.

NJ Mania Sebut Persitara Harus Ikut Liga 3 Oktober Mendatang

Seperti diketahui, hubungan kedua kelompok suporter tersebut memang dikenal tidak harmonis dan selalu terlibat perselisihan.

Meski sama-sama berasal dari daerah yang sama yakni DKI Jakarta, hubungan suporter The Jakmania dengan NJ Mania tidak harmonis.

Bahkan, dalam beberapa kesempatan pernah terjadi kericuhan besar, tak jarang menimbulkan korban jiwa.

Ini Saran Richard Achmad untuk Upaya Menghentikan Perseteruan The Jakmania-Viking

Menurut Richard, awal mula terjadinya perselisihan bermula dari promosinya Persitara ke Liga Super Indonesia pada tahun 2008/2009.

Para suporter yang berasal dari wilayah Jakarta Utara pastinya akan mendukung tim jagoannya di kompetisi kasta teratas Liga Indonesia.

Sebelum mendukung Persitara, masyarakat pecinta bola di Jakarta Utara sudah terlebih dahulu mendukung Persija.

Namun, setelah ada tim yang berasal dari Jakarta Utara, mereka akhirnya mendirikan kelompok suporter NJ Mania.

Hal tersebut menjadi gengsi tersendiri karena di wilayah DKI Jakarta sudah ada Persija yang sudah lebih dulu berada di kasta tertinggi.

Ini Saran Richard Achmad untuk Upaya Menghentikan Perseteruan The Jakmania-Viking

"Kalau sama teman-teman di utara awalnya tidak terjadi apa-apa, mereka awalnya anggota Jakmania juga. Karena dulu itu Persitara masuk ke Liga 1, akhirnya ada gengsi," kata Richard Achmad saat live bersama TribunNetwork.

Pada saat masih menjadi pemimpin The Jakmania periode 2015-2017, Richard Achmad sering bertemu dan mengajak para pemimpin NJ Mania berdiskusi.

Hal tersebut bertujuan menyatukan visi agar perselisihan dikalangan suporter tidak semakin melebar.

"Saya itu selalu silaturahmi sama teman-teman di utara, tanpa publikasi. Apa sih yang menjadi kendala. Persoalan pro dan kontra, tapi bagaimana kita coba mengurangi sedikit demi sedikit hal-hal benturan yang terjadi," tambahnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved