Virus Corona Jabodetabek

Rapid Test Massal di Waduk Pluit Penjaringan, Puluhan Warga Reaktif Covid-19

Puluhan warga yang ikut kegiatan rapid test massal oleh Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 di Waduk Pluit, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara,

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ketua Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 Sandiaga Uno meninjau kegiatan rapid test massal di Waduk Pluit, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (12/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, PENJARINGAN - Puluhan warga yang ikut kegiatan rapid test massal oleh Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 di Waduk Pluit, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (12/7/2020) pagi dinyatakan reaktif Covid-19.

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 Sandiaga Uno mengatakan, sejauh ini dari sekitar 300 orang yang telah menjalani rapid test massal di Waduk Pluit, 36 orang di antaranya reaktif Covid-19.

“Dan per hari ini jam 10.38 pagi, sudah lebih dari 300 yang mengikuti (rapid test) dari total kapasitas 1.200 dan yang reaktif sudah 36,” ungkap Sandiaga, Minggu (12/7/2020).

Menyikapi kondisi tersebut, warga yang hasil rapid test-nya reaktif Covid-19 kemudian harus menjalani pemeriksaan lanjutan yakni swab test untuk memastikan apakah positif atau tidak.

“Jadi yang 36 orang yang reaktif langsung dibawa ke mobile unit untuk dilakukan tes berbasis PCR untuk dicek apakah mereka positif Covid-19,” sambung Sandiaga.

Apabila hasilnya menunjukkan positif terpapar Covid-19 maka warga tersebut langsung dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat atau rumah sakit rujukan lainnya.

Menurut Sandiaga, pihaknya sengaja menyasar wilayah sekitar Waduk Pluit sebagai lokasi rapid test massal dengan menyiapkan 1.200 alat agar bisa menjangkau seluruh warga setempat.

“Memang di daerah Pluit khususnya sekitar Waduk Pluit ini, memang tingkat infeksi Covid-19 salah satu yang paling tinggi di wilayah Jakarta,” ujar Sandiaga.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengapresiasi adanya kegiatan rapid test massal yang dilakukan oleh Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 di sekitar Waduk Pluit.

Apalagi hal tersebut sejalan dengan upaya dari Pemerintah Kota Jakarta Utara yang berusaha untuk mempermudah akses bagi masyarakat mengikuti kegiatan rapid dan swab test massal.

“Target tadi yang disampaikan 1.200 spesimen akan kita kerjakan. Ini menjadi bagian penting bagi kami di Jakarta Utara untuk bisa merdeka dari Covid-19,” ungkap Sigit. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved